Meneladani Akhlak Nabi Muhammad SAW Melalui Maulid Nabi

Jiwa Sehat Rohani Mantap (Jihat Iman) kembali digelar di Yayasan Pendidikan Telkom, pada Jum’at (06/11) secara daring. Dalam kegiatan yang diikuti oleh pegawai kantor Lakhar ini mengangkat tema “Raise Your Heroes Spirit Thru Maulid Nabi SAW”.

Jihat Iman menghadirkan narasumber yaitu H. Yopi Nurdiansyah, Lc. Dalam pemaparannya Ust. Yopi mengatakan, melalui Maulid Nabi, bagaimana kita dapat menggali hikmah dan meningkatkan  spirit  kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW dan meneladaninya.

“Bagaimana kita selalu mengingat Rasullullah SAW dan tauladannya setiap saat. Setidaknya ada empat hal yang perlu dilakukan setiap muslim, untuk meningkatkan spirit kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW,”ucap Ust Yopi.

Yang pertama adalah membaca Al-Qur’an, membaca menjadi perintah pertama kepada Nabi Muhammad SAW, dalam hal ini adalah membaca Al-Qur’an. Di masa Pandemi COVID 19 ini menjadi momen yang tepat bagi kita untuk semakin mendekatkan diri pada Allah SWT dengan membawa Al-Quran, kemudian memahaminya dan mengamalkannya.

Yang kedua adalah bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW dimanapun kita berada, yang ketiga adalah meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW. Dalam diri Nabi Muhammad SAW terdapat uswatun hasanah (teladan yang baik).

Melalui empat sifat yang dimiliki Nabi Muhammad yaitu , Siddiq yang berarti benar, jujur, dapat dipercaya (berintegritas), Amanah yaitu dapat dipercaya, Tabligh yaitu menyampaikan (kemampuan komunikasi yang baik dan Fatonah yaitu cerdas.

Cara meningkatkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW yang keempat adalah membela Nabi Muhammad SAW sesuai dengan kemampuan kita.

“Membela Rasulullah SAW dengan menghidupkan sunnahnya, seperti shalat tahajud, shaum sunnah senin kamis dan shalat dhuha. Semoga dengan kecintaan kita kepada Rasulullah mendapatkan syafaatnya dan dikumpulkan di surga bersamanya,”ucap Ust Yopi. (Purel/YPT)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top