YPT Bersiap Jalankan Flexible Working Arrangement

Yayasan Pendidikan Telkom bersiap untuk menerapkan Flexible Working Arrangement (FWA) hal ini ditandai dengan dilaksanakannya Kick Off FWA yang dilaksanakan pada Jum’at (23/04) melalui zoom.

Kick Off  secara resmi dilaksanakan oleh Ketua YPT Sindhu Aryanto. Kegiatan ini juga diikuti lebih dari 290 pegawai YPT Group yang merupakan Culture Agent dan Culture Booster.

” Dengan mengucap  Bismillahirrohmanirrohim, FWA di YPT dinyatakan dilaunching” ucap Ketua YPT.

Ketua YPT mengatakan bahwa YPT Group harus siap dengan segala perubahan yang terjadi dan sigap untuk menghadapi perubahan tersebut.  Saat ini, kita tak bisa lagi menghindar dari perubahan yang ada di lingkungan.

FWA menjadi salah satu metode bekerja untuk menjawab tantangan saat ini, terlebi di saat pandemi, FWA menjadi jawaban, bagaiman pegawai bisa tetap produktif dengan tetap menjadi keamanan diri dari ancaman paparan virus COVID 19.

Selanjutnya FWA menjadi cara kerja baru, dimana terdapat tiga model FWA yaitu Work From Office (WFO), Work From Home (WFH) dan Hybrid yaitu kombinasi dari WFO dan WFH. Penerapan FWA ini telah dilaksanakan di YPT selama pandemi, namun selanjutnya akan diberlakukan sebagai cara kerja baru.

“Tentunya terdapat proses transisi menuju FWA, awalnya tidak terbiasa, perlu adaptasi . kemudian mulai terbiasa dan akhirnya menjadi luar biasa,”tuturnya.

Namun Ketua YPT mengingatkan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan menuju penerapan FWA. Yang pertama adalah menentukan pekerjaan mana yang dapat difleksibelkan, hal ini perlu dilakukan untuk menghindari adanya ketidakjelasan saat menjalankan FWA. Yang kedua adalah infrastruktur dan sistem pendukung FWA, sehingga FWA benar-benar dapat diaplikasikan dengan baik dan terakhir adalah legalitas.

“Dibuat desain blue printnya FWA , disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan di YPT. Proses good corporate governance sangat penting. Agar FWA dijalankan tentunya dibutuhkan proses dan energi, saya yakin jika kita memiliki komitmen,  Insyaalah ini semua (FWA) dapat dilasanakan dengan baik,”jelasnya.

Dalam rangka mendukung FWA di YPT, dalam kegiatan yang sama juga dilaksanakan launching New My YPT sebagai aplikasi yang dapat mensupport pegawai dalam pelaksanaan FWA. Di dalamnya terdapat fitur absensi kehadiran, dan juga list aktifitas pekerjaan pegawai, sehingga aktifitas bekerja saat FWA dapat dilaksanakan dan dipantau dengan baik. (Purel/YPT)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top