Benchmark Penyusunan Dokumen Best Unit, Telkom Metra Kunjungi YPT

Yayasan Pendidikan Telkom mendapatkan kunjungan dari Champion Team Best Unit KPKU Telkom Metra pada Selasa (02/04)  di Kantor Badan Pelaksana Kegiatan Yayasan Jalan Cisanggarung No.2 Bandung.
 
Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka benchmark terkait penyusunan dokumen Best Unit, untuk merespon pemenuhan persyaratan dan implementasi Total Quality & Productivity Management System (TQPMS) yang berbasis Baldridge Excellence Framework (BEF)/ Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU) BUMN. Sebanyak 12  anggota Champion Team Best Unit KPKU Telkom Metra yang dipimpin oleh Head of Unit KSO Satellite Business  yaitu Heramarwan disambut langsung oleh Ketua Champion Team Best Unit KPKU YPT  Yati Rohayati.
 
Dalam kesempatan tersebut, Yati menjelaskan YPT telah mempersiapkan 6 bulan sebelumnya, untuk merespon terhadap kurang lebih 240 pertanyaan terkait business proces approach dan integrasi, dari setiap Multiple Question Requirement of BEF.
 
Bentuk respon dituangkan kedalam dokumentasi Best Unit.  Kemudian YPT  melakukan self assesment, yang membuahkan hasil, berupa skor yang  menunjukkan bahwa YPT merupakan yayasan pendidikan terbaik untuk industri perguruan tinggi swasta. Hal ini tercermin dari prestasi yang ditunjukkan oleh lembaga pendidikan yg telah diselenggarakan oleh YPT, khususnya Telkom University.
 
Berbagai prestasi berhasil diraih Telkom Unversity, salah satunya  Perguruan Tinggi dengan produktivitas publikasi tertinggi di Indonesia untuk kategori Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pada Science and Technology Index Awards (SINTA) tahun 2018 oleh Kemenristek Dikti; 10 perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Webo Metric; Satu dari 10 kampus hijau di Indonesia versi UI Green Metric.
 
Prestasi ini juga disempurnakan dengan prestasi yang ditorehkan oleh YPT yaitu The Best Performing Educational Institution of the Year dari Indonesian Creativity & Best Leader Award 2019. Berdasarkan  hasil riset Markplus , YPT berada pada rangking 1 sebagai  The Best Education Foundation for Complementor Category in Indonesia  dan Ranking 2  sebagai  30 Education Foundations for Competitor Category in Indonesia.
 
Bagi YPT pendokumentasian Best Unit tidaklah sulit, karena yg didokumentasikan adalah hal-hal yang sudah dilakukan di YPT. Saat ini penyusunan dokumen Best Unit di YPT telah matang dan YPT sangat menyambut baik jika ada pihak-pihak yang ingin belajar dari pengalaman dalam mengimplementasikan Best Unit.
 
Dalam kunjungan yang dilakukan Telkom Metra, selain pemaparan mengenai penyusunan dokumen Best Unit di YPT, diajak juga untuk mengunjungi base camp millenial team support dan langsung sharing cara kerja dan hasil kerja secara sampling.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top