Guru SMK Telkom Banjarbaru Juara Konten Video Nasional

Guru SMK Telkom Banjarbaru Valerian Ezra Vyanza,S.T berhasil menjadi juara 1 dalam lomba konten video Instagram “Sukeskan PembaTIK 2021”. Lomba ini digelar oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusadatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Kaprodi Teknik Komputer dan Jaringan ini membuat video ajakan kepada seluruh guru di Indonesia untuk mengikuti Pembelajaran Berbasis TIK ( PembaTIK) 2021.

Menurutnya Perkembangan teknologi yang begitu cepat sangat berpengaruh pada dunia pendidikan. Siswa yang sudah terbiasa dengan teknologi harus mampu dibarengi dengan keterampilan guru di bidang TIK.

“Untuk itu, saya mengajak seluruh guru di Indonesia untuk meningkatkan keterampilan di bidang TIK dengan mengikuti kegiatan PembaTIK 2021,”ucapnya.

Video yang dibuatnya berdurasi singkat, namun informatif dan menarik tak salah jika gelar juara disematkan pada karyanya.

“Dalam proses pembuatan video terbagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap pra produksi, tahap produksi dan tahap pasca produksi,”terangnya.

Valerian menceritakan pada tahap pertama yaitu  pra produksi. Valerian melakukan pembuatan naskah, storyline dan pengumpulan aset seperti gambar, musik atau bahan visual pendukung lainnya.

Tahap kedua adalah produksi, yaitu melakukan shooting dengan menggunakan greenscreen, serta membaca naskah yang sudah dibuat sebelumnya.

Tahap ketiga atau proses terakhir adalah pasca produksi. Di tahap ini Valerian melakukan editting. Merangkai semua footage yang sudah diambil lalu di gabungkan dengan suara, gambar, video dan bahan visual lainnya agar video final menjadi sebuah video yang informatif, dinamis dan komunikatif. (SMK Telkom Banjarbaru)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top