Bagimu Negeri, Pengabdian Tanpa Batas

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam Sejahtera Bagi Kita Semua,

Hingga saat ini, dunia masih belum terbebas dari COVID 19. Virus ini masih bergerak masif,  mengintai dan mengancam kesehatan jiwa, terlihat dari jumlah penderita yang terus meningkat dari hari ke hari. Untuk itu jagalah kesehatan diri dan keluarga serta patuhi himbauan pemerintah untuk  menjaga jarak. Semoga kita semua senantiasa mendapatkan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Kuasa dari virus yang membahayakan jiwa ini.

Saat ini enam minggu sudah, pegawai YPT Group menjalankan Work From Home, bekerja di rumah tentu sangat berbeda dengan bekerja di kantor, di sekolah, atau di kampus, memiliki tantangan tersendiri. Untuk itu saya ucapkan terima kasih pada seluruh insan YPT yang tetap menjaga produktifitasnya selama masa WFH berlangsung.

Apresiasi yang luar biasa bagi para pejuang pendidikan yang saat ini terus memberikan layanan terbaiknya pada setiap anak didik. Bagaimana setiap harinya para pejuang pendidikan memastikan anak didik  mendapatkan layanan melalui pendidikan jarak jauh. Transformasi dari kegiatan belajar mengajar tatap muka menjadi pendidikan jarak jauh tentu saja tidak mudah, terlebih belum seluruh lembaga pendidikan YPT yang telah menerapkan pendidikan jarak jauh.

Pembelajaran jarak jauh khususnya bagi lembaga pendidikan dasar merupakan hal yang masih baru.  Sebelumnya masih pada tahap rancangan program, kemudian kita “dipaksa” untuk mengaplikasikannya secara langsung karena adanya pandemi COVID 19 ini. Namun saya percaya saudara semuanya dapat melalui semua ini dengan baik.

Saat ini lebih dari satu bulan pendidikan jarak jauh dilaksanakan, selama lebih dari sebulan ini pula perjuangan pada pejuang pendidikan berlangsung, dengan gigih, sabar serta penuh dedikasi. Setiap anak didik dipantau satu per satu pembelajarannya, ini memang lebih berat dibandingkan kondisi normal. Tak ada kata lelah dan menyerah bagi para pejuang pendidikan, sebuah pengabdian yang luar biasa.

Bukan hanya memastikan layanan pendidikan kepada anak didik, para pejuang pendidikan juga memastikan proses penerimaan peserta didik baru tetap berjalan dan tentu saja harapannya dapat memenuhi target  yang telah ditetapkan. Di tengan pandemic COVID 19, tentunya ini menjadi kesulitan tersendiri, tapi juga tidak mustahil dengan upaya yang maksimal, semangat dan melayani dengan hati, saya percaya Lembaga Pendidikan YPT Group tetap akan menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.

Di tengah pandemi COVID 19 ini setidaknya  ada dua hal yang dapat kita lakukan yaitu mendukung segala program pemerintah dalam penanganan juga pencegahan COVID 19 dan memberikan solusi melalui inovasi.

Tentunya kita dapat melakukan kedua-duanya, melalui Work From Home dan Distance Learning kita telah mendukung program pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran COVID 19. Selanjutnya kita berjuang melalui jalan inovasi. Lembaga pendidikan tinggi yang ada di bawah naungan Yayasan, telah berkontribusi dalam penanganan dan pencegahan COVID 19. Alhamdulillahirobbil’alamin, perguruan tinggi YPT telah menghasilkan berbagai produk inovasi dan telah digunakan di berbagai daerah di Indonesia, yaitu Sterilization chamber, Sterilization Tunnel, Chamber Swab Test , Antiseptic Generator, Robot Service, Face Shield,dan Ventilator (ITTelkom Surabaya), Smart wastafel (ITTelkom Purwokerto), Autonomous Ultraviolet Mobile Robot (Tel-U) dan Disinfection Tunnel Ultraviolet (Telkom University).

Inilah bakti dan pengabdian saudara semuanya untuk Indonesia, melalui inovasi insan YPT turut aktif untuk memberikan kontribusi di tengah pandemi ini. Semoga apa yang dilakukan oleh saudara-saudara mendapatkan ganjaran kebaikan yang berlipat ganda, karena apa yang saudara lakukan ini bukan untuk lembaga kita sendiri tapi untuk bangsa Indonesia.

Yayasan sangat mengapresiasi langkah nyata yang dilakukan oleh seluruh insan di Yayasan, baik itu berupa produk inovasi ataupun program-program yang dilaksanakan di lembaga masing-masing. Saya yakin kita memiliki semangat yang sama, yaitu semangat excellent, selalu memberikan yang terbaik.

Bulan Ramadhan telah di depan mata, kepada insan YPT yang menjalankan ibadah shaum semoga kita senantiasa diberikan kekuatan untuk menjalaninya, hingga di akhir Ramadhan semoga kita dapat terlahir menjadi pribadi yang lebih baik.

Ramadhan bukan saja mengajarkan kita untuk menahan lapar dan dahaga, namun lebih dari itu, terlebih di tengah pandemi COVID 19, keimanan kita benar-benar diuji. Bagaimana dalam “kesendirian” kita mampu untuk mencapai derajat takwa sebagaimana target dari shaum itu sendiri.

Tahun ini Ramadhan akan jadi sangat berbeda, ibadah yang diasa dilaksanakan berjamaah, saat ini hanya bisa dilaksanakan sendiri di rumah. Kebersamaan dengan keluarga, sahabat, tetangga harus dibatasi demi kebaikan kita bersama.

Tetap jaga jarak selama Ramadhan dan sesuai kebijakan Yayasan nomor ND. 04785 / YAYASAN PENDIDIKAN TELKOM – YPT / DGA-07 / 2020 mengenai larangan kegiatan bepergian ke luar daerah dan mudik dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19. Diharapkan semua insan tidak melaksanakan bepergian ke luar kota termasuk untuk melaksanakan mudik. Saya harap aturan ini benar-benar dapat dilaksanakan dan dipahami dengan baik.

Saat saudara berdiam diri di rumah, berarti saudara melindungi diri dan melindung orang lain dari kemungkinan penyebaran COVID 19. Hanya itu yang saat ini bisa kita lakukan. Satu langkah kita ini, semoga dapat berdampak pada pengurangan angka penderita COVID 19 di Indonesia.

 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dwi S. Purnomo

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top