Menjadi Insan Bernilai

Yayasan Pendidikan Telkom menggelar Selasa Siang Sharing Sareng Senior (5S),dengan menghadirkan narasumber Direktur Research Center for Advanced WirelessTechnologies (AdWiTech) Telkom University  Dr.Eng. Khoirul Anwar,ST.,M.Eng. Dalam sharingnya Dr Khoirul mengangkata tema mengenai How to be Valuable Person?.

Dr Khoirul merupakan salah satu putra terbaik Indonesia, yang telah tinggal dan berkarya dalam bidang teknologi telekomunikasi di Jepang. Dr Khoirul dikenal sebagai pemegang paten teknologi broadband yang menjadi standar telekomunikasi internasional, kemudian setelah 14 tahun di negeri sakura, dirinya memutuskan untuk kembali ke tanah air dan mengabdikan diri di Telkom University.

Menurutnya  menjadi orang yang bernilai, produktif dan kontributif merupakan sebuah filosofi hidup yang luar biasa, karena kita tidak hanya memilikirkan diri sendiri tapi sejauh mana kebermafaatan diri kita bagi sekitar.

Menjadi produktif yaitu mampu untuk menghasilkan berbagai karya, baik itu pemikiran, ide ataupun produk (disesuaikan dengan bidang masing-masing) yang kemudian dapat bermanfaat bagi orang-orang sekitar maupun bangsa dan negara. Selain itu produktif berarti selalu membuat improvement dalam diri, sekecil apapun itu.

Lantas bagaimana menjadi orang produktif, Dr Khoirul memberikan rahasianya. Pertama, seseorang yang produktif memiliki strong motivation, bahwa apa yang dilakukan sebagai bentuk kontribusi dan amaj jariyah.

“Hidup kita tidak akan lama, jika kita meninggal semua amalan berhenti, kecuali amal jariyah. Untuk itu,  mari semangat untuk berprestasi sebagai bekal amal kita nanti,”ucapnya.

Kedua, Setiap aktifitas keseharian yang dilakukan hendaknya bermanfaat dan dapat menambah ilmu. Ketiga Thinking Big yaitu berfikiran positif, jika menemukan masalah maka segera mencari alternatif lain untuk mendapatkan solusi. Keempat hidup seimbang

Kelima Endurance and Character, yaitu memiliki sikap mental yang kuat, tangguh tidak mudah goyah oleh sikap negatif orang lain.

“Tahan banting, tidak menjadi orang yang rapuh dan miliki karakter positif yaitu  senantiasa berbuat baik, jujur, karakter menjadi hal yang sangat penting, jangan pernah melupakan unsur karakter,”terangnya.

Keenam, Social, Feedback and Cooperative, sebagai makhluk sosial tentunya kita tidak bisa hidup sendiri, sehingga harus dapat bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Dengan kehidupan sosial yang baik, maka kita akan mendapatkan masukan dari orang lain yang membuat kita mampu mengimprove diri (Feedback). Dan yang tidak kalah penting adalah bekerja sama (cooperative).

Produktifitas harus terus dijaga dengan memahami tujuan dan tetap semangat dalam mencapai tujuan tersebut. Agar dapat tetap semangat maka, seseorang harus memiliki mimpi, sehingga dapat mantap melangkah dan tidak mudah tergoyahkan oleh berbagai hambatan.

“Karena tujuan awal kita memberikan kontribusi adalah untuk banyak orang dan pada akhirnya menjadi amal jariyah bagi diri kita sendiri saat kita sudah meninggalkan dunia, maka teruslah jaga semangat. Berkaryalah sebaik mungkin seolah kita akan hidup selamanya, membuat karya yang long lasting”pungkasnya. (Purel/YPT)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top