Siswa SMP Telkom Purwokerto Ciptakan 200 Aplikasi

Siswa SMP Telkom Purwokerto bukan saja hanya menimba ilmu di sekolah, para siswa juga mampu menghasilkan karya yang luar biasa. Melalui program Junior Programming siswa SMP Telkom Purwokerto telah menghasilkan 200 aplikasi pembelajaran dan games.

Kepala SMP Telkom Purwokerto Widyatmoko mengatakan kelas Junior Programming ini diberikan kepada siswa kelas 7, 8 dan 9 dengan pembedaan materi baik dari sisi aplikasi maupun logika pemrogramannya. Materi yang diajarkan adalah pemrograman web (html, css), block programming dengan scratch, android apps dengan MIT Apps Inventor, aplikasi HTML5 menggunakan Construct 2.

“Melalui program ini, kami menyiapkan siswa agar cakap religi dan pintar teknologi dengan membekali siswa dengan kompetensi digital literasi, berlogika berbasis masalah dan kreatif mencari solusi,” ucapnya.

Setiap siswa mampu menciptakan 1 hingga 2 karya, games yang dibuat pun ada berbagai jenis baik yang bersifat entertainment maupun edukasi. Untuk prinsip pemilihan games dilakukan berdasarkan minat siswa. Dari proyek yang sudah diterapkan banyak siswa yang lebih memilih membuat aplikasi edukasi baik dalam bentuk games atau aplikasi pembelajaran.

“Siawa sangat antusias untuk membuat proyek games ini, terutama untuk yang menggunakan construct ini karena bisa langsung jadi karya,”ucapnya.

Aplikasi yang dihasilkan siswa juga tak jarang berhubungan dengan kegiatan belajar di sekolah, misalnya games untuk mempermudah belajar matematika. Salah satunya Ameer Jasmine Z siswa kelas 8, yang membuat aplikasi pembelajaran berbasis android sebagai salah satu aplikasi pembelajaran terbaik.

“Untuk ke depannya, kami harapkan karya siswa ini bisa dikembangkan dan dipublish sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas,”harapnya.

Sebagai sekolah berbasis ICT, SMP Telkom Purwokerto memiliki program unggulan yaitu robotik, desain grafis dan programming. Kemampuan para siswa diasah kemudian diarahkan berdasarkan minat masing-masing. Lulusan dari SMP Telkom Purwokerto diharapkan mampu memiliki kompetensi lebih khususnya di bidang ICT. (Purel YPT/SMP Telkom Purwokerto)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top