TK Telkom Schools Tanamkan Budaya Membaca

Buku adalah jendela dunia, dan membaca adalah kunci untuk membukanya. Ungkapan ini mengartikan bahwa begitu pentingnya membaca untuk setiap orang, karena banyak manfaat yang dapat diperoleh. Untuk menjadikan membaca sebagai budaya, perlu adanya upaya untuk memupuk minat membaca sejak dini. Nah di TK Telkom membaca telah menjadi budaya, sehingga secara rutin dilakukan kegiatan membaca, untuk siswa TK biasanya guru membacakan cerita.

Seiring  dengan Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku) yang  digalakan oleh Kementrian Pendidikan dan kebudayaan, secara serempak  kegiatan ini juga dilaksanakan di TK Telkom Schools, antara lain di TK Telkom Pasuruan, TK Telkom Rancaekek, TK Telkom Dayeuhkolot, TK Telkom Cibeureum, TK Telkom Batam beberapa waktu lalu.

Dalam acara ini pihak sekolah mengundang orang tua untuk hadir dan membacakan buku untuk anak-anaknya. Kepala TK Telkom Pasuruan  Tri Retnaningsih mengatakan antusiasme orang tua siswa sangat tinggi untuk mengikuti kegiatan ini.

“Respon orang tua sangat luar biasa, selain membacakan buku di sekolah, mereka pun meminjam buku dari perpusatakaan sekolah untuk  dibaca di rumah bersama anak-anaknya,”jelasnya.

Pembiasaan membaca buku sejak dini tentunya sangat bermanfaat untuk anak-anak dan juga orang tua. Tidak hanya meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan berbahasa juga dapat mempererat hubungan antara orang tua dan anak. Itulah pentingnya, mengapa peran aktif orang tua juga dibutuhkan dalam pembiasaan membaca.

“Membaca buku bersama ayah dan ibu menjadi kebutuhan dalam pengasuhan, untuk mengoptimalkan manfaat membacakan cerita, selain dilakukan di sekolah (oleh guru-guru) perlu juga didukung dengan melakukannya di rumah (oleh orang tua),”tuturnya.

Dalam situs Gerakan Literasi Nasional Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dijelaskan bahwa tujuan dari Gernas Baku itu  yaitu untuk membiasakan orang tua membacakan buku bersama anak, mempererat hubungan sosial-emosi antara anak dan orang tua, menumbuhkan minat baca anak sejak dini, dan meningkatkan partisipasi keluarga/orang tua untuk menumbuhkan Budaya membaca. (http://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/panduan-pelaksanaan-gerakan-nasional-orang-tua-membacakan-buku-gernas-baku/ )

Ayo kita budayakan membaca, untuk generasi yang lebih baik. (Purel/YPT/TK Telkom Pasuruan)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top