Tim Ceria ITTP Juara Favorit Hackhaton Maritim 2021

Mahasiswa IT Telkom Purwokerto yang tergabung dalam Tim Ceria  menjadi Juara Favorit  pada kompetisi Hackhaton Maritim 2021. Dalam acara yang digelar oleh Dinas Pembinaan Potensi Maritim Markas Besar Angkatan Laut (Dispotmar Mabesal) beberapa waktu lalu ini, Tim Ceria membuat sebuah web application yang diberi nama Terasera.

Terasera dicipatakan oleh Daffa Raihan Zaki ( S1Software Engineering ), Dinda Maylan Setianti (S1 Software Engineering)  dan Raihan Athaya Fawwaz (S1 Teknik Informatika). Aplikasi ini dirancang untuk menjual tangkapan laut, hasil budidaya kelautan, dan olahan laut. Untuk income dari aplikasi mereka menerapkan sistem bagi hasil dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), sedangkan untuk masalah pemodalan unit usaha masih bersumber dari dana desa.

“Jadi sistemnya itu nantinya kami menjalin kemitraan dengan BUMDES dan unit unit usaha desa. Hal ini dilakukan untuk mengurangi ketergantungan nelayan ke pelele (biasa dikenal dengan tengkulak), tetapi tidak menyebabkan pelele kehilangan pekerjaan juga. Menurut kami mereka ini bisa untuk diajak bekerja sama melalui desa. Selain itu juga harapannya BUMDES semakin maju dan berkembang beserta masyarakatnya”, jelas Dinda Maylan, salah satu anggota Tim Ceria.

Hackhaton Maritim merupakan kompetisi skala nasional yang menantang setiap peserta untuk menyumbangkan ide inovatif yang dapat menjadi solusi dalam hal peningkatan hasil produksi kelautan dan perikanan; pemberdayaan UKM, nelayan, dan masyarakat pesisir, serta turut menjaga laut Indonesia.

Acara yang pertama kali digelar oleh Dispotmar Mabesal ini terbilang sukses karena berhasil menarik berbagai macam kalangan peserta mulai dari pelajar SMA/SMK sedrajat, mahasiswa, level profesional, maupun anggota pegawai negeri, dan TNI. (ITTP)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top