preloder

Tetap Bugar di Masa Pandemi

Masa pandemi ini tak lantas menjadi alasan bagi kita untuk tidak berolahraga. Karena olah raga tidak melulu dilakukan di pusat kebugaran, lapangan olah raga dan fasilitas olah raga lainnya yang berada di tempat umum.  Nyatanya olah raga bisa dilakukan di mana saja, bahkan di ruang kerja sekalipun.

Dalam Gerak Olah Raga (GeOL) yang digelar YPT melalui video conference, memaparkan mengenai olah raga di masa pandemi, dengan menghadirkan praktisi kesehatan, Dzikri.

Kegiatan ini diikuti oleh pegawai Lakhar, baik itu yang tengah bekerja di kantor, maupun yang tengah menjalankan work from home. Para pegawai dipandu untuk melakukan olah raga ringan, dalam kegiatan ini dilakukan peregangan baik itu dengan cara duduk maupun berdiri.

Mengapa berolahraga sangat penting? Dzikri menjelaskan, selama sekitar 8 jam pegawai menghabiskan waktu di kantor, dan kebanyakan aktifitas dilakukan dalam posisi duduk. Nah, hal ini dapat menimbulkan resiko Kesehatan bahkan memicu timbulnya berbagai penyakit mulai dari ringan hingga berat.

“Untuk itulah diperlukan olah raga ringan, misalnya meregangkan otot-otot badan. Mulai dari tangan, leher hingga pinggang. Hal ini sangat bermanfaat, untuk otot yang lelah,”jelasnya.

Olah raga memiliki banyak manfaat, selain secara fisiologis juga psikologis. Secara fisik tentunya tubuh menjadi lebih bugar, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan imunitas, memperkuat masa tulang dan otot.

“Sedangkan secara psikologis, olah raga dapat memicu hormon endorfin, sehingga membuat kita lebih bahagia dan tentunya ini memiliki efek positif pada kesehatan mental,”terangnya.

Dzikri mengatakan, selain bermanfaat bagi kesehatan, berdasarkan sebuah penelitian olah raga juga dapat meningkatkan produktifitas kerja.

“Lakukan olah raga secara rutin dan sesuaikan dengan kondisi tubuh. Hindari olah raga berlebihan karena dapat menyebabkan resiko kesehatan, bahkan menyebabkan kematian,”ungkapnya. (Purel/YPT)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top