Menjadikan AKHLAK Sebagai Identitas Pegawai

Yayasan Pendidikan Telkom pada Jum’at (23/10) menggelar Knowledge Sharing, kali ini temanya mengenai Core Values AKHLAK, dengan menghadirkan expertnya yaitu  Yuddy Aryadi AVP Cultural Development Telkom.

Sebagai upaya pencegahan penularan COVID 19, maka kegiatan dilaksanakan melalui daring. Dengan diikuti oleh pimpinan Lembaga Pendidikan Dasar dan Menengah hingga Pendidikan Tinggi di bawah naungan YPT Group.

Apakah Core Values AKHLAK itu? Yuddy dalam pemaparannya menjelaskan bahwa AKHLAK adalah  nilai-nilai yang harus dimiliki oleh Karyawan Telkom Group, sebagai sebuah Budaya Perusahaan. Dalam hal ini YPT sebagai bagian dari Telkom Group haruslah mengacu pada Core Values AKHLAK yang terdiri dari  nilai Amanah yaitu memegang teguh kepercayaan yang diberikan, Kompeten yaitu terus belajar dan mengembangkan kapabilitas , Harmonis yaitu  saling peduli dan menghargai perbedaan, Loyal yaitu berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara, Adaptif yaitu terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan ataupun menghadapi perubahan, Kolaboratif yaitu  membangun kerja sama yang strategis

“Tujuan budaya perusahaan adalah karyawan memiliki nilai dan perilaku yang baik, yang mendukung tujuan perusahaan, selain itu adalah menyamakan nilai dan perilaku yang dilakukan seluruh unit/karyawan, agar cara kita bekerja menjadi sama, sehingga lebih nyaman dalam bekerja, karena semuanya sejalan,”terangnya.

Melalui budaya perusahaan dengan nilai-nilai yang dimiliki, ucap Yuddy bagaimana dapat membangun perilaku dan pada akhirnya adalah membangun kebiasaan sehingga pegawai memiliki sikap yang amanah, loyal, kompeten sebagai identitasnya.

“Sebagai contoh, orang yang baik maka dia akan memiliki perilaku yang mencirikan labelnya tersebut. Misal Ketika salah meminta maaf, jika ditolong mengucapkan terima kasih dan ketika meminta bantuan mengatakan tolong. Dan hal itu terus menerus dilakukan setiap saat, hingga akhirnya menjadi kebiasaan,”terangnya.

Jika pegawai telah memiliki identitasi yang sesuai dengan AKHLAK  maka, perusahaan dengan mudah untuk melangkah pada tujuan yang diharapkan. Semuanya sudah satu langkah, sesuai dengan yang diharapkan perusahaan.

Direktur Primary&Secondary Education Aris Hartoni dalam sambutannya mengatakan Core Values AKHLAK bahwa kegiatan knowledge sharing ini sangat bermanfaat bagi pegawai.

“Melalui knowledge sharing ini Core Values AKHLAK hendaknya dapat diketahui dan dipahami oleh seluruh pegawai YPT Group,  untuk kemudian dapat diamalkan dalam aktifitas bekerja di lingkungan kerja masing-masing. Harapan besarnya tentunya dapat mendukung Langkah YPT untuk semakin maju di masa mendatang,” terangnya. (Purel/YPT)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top