Hasilkan Inovasi, Akatel Jakarta Raih Penghargaan LLDIKTI Wilayah III Jakarta

Akademi Telkom Jakarta meraih penghargaan dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III Jakarta atas inovasi dan kontribusi terkait inovasi produk kesehatan selama pandemi Covid-19.

Produk yang dihasilkan oleh Akatel Jakarta yaitu hand sanitizer otomatis. Produk ini berawal dari kelangkaan produk hand sanitizer maka Tim Akatel menciptakannya. Sebagai kontribusi Akatel Jakarta dalam pencegahan penyebaran COVID 19 dan menjadi komitmen bersama dari segenap tim dalam penelitian dan pengembangan inovasi teknologi demi kemajuan bangsa.

Hand sanitizer otomatis ini  dapat digunakan tanpa sentuhan, perangkat hanya perlu membaca gerakan tangan. Dengan begitu tidak perlu adanya kontak langsung pengguna dengan perangkat, yang bisa menimbulkan resiko menempelnya virus.

Hand sanitizer otomatis ini berbasis mikrokontroler dan sensor. Ukurannya kecil, menggunakan Arduino Nano yang ukurannya sebesar satu jari orang dewasa, dan membutuhkan supply daya yang kecil juga, bisa menggunakan baterai.  Produk inovasi Akatel Jakarta ini telah digunakan di dua rumah sakit yaitu Rumah Sakit Umum Kabupaten Bogor dan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tangerang.

Acara pemberian penghargan diselenggarakan secara daring dan dihadiri oleh Nizam selaku Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Perguruan Tinggi (Dirjen Dikti) dan para pimpinan perguruan tinggi.

Dalam sambutannya, Nizam menuturkan jika selama pandemi banyak perguruan tinggi yang telah membuat produk inovasi seperti face shieldtermo-camerahand sanitizer, cairan disinfektan, dan lain-lain. Diharapkan perguruan tinggi tetap menjadi mata air bagi masyarakat.

“Dengan memberikan energi positif dari kampus, di tengah pandemi ini publikasi dosen juga meningkat yang menandakan kualitas perguruan tinggi di saat pandemi Covid-19 juga semakin meningkat,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut Nizam mengucapkan selamat kepada perguruan tinggi yang mendapatkan penghargaan di lingkungan LLDIKTI Wilayah III Jakarta.

“Selamat kepada LLDIKTI Wilayah III Jakarta dan rekan-rekan di lingkungannya yang tetap berupaya mencerahkan dan memajukan kehidupan bangsa,” katanya.

Dan inipun sejalan dengan Kepala LLDIKTI Wilayah III Jakarta , Agus Setyo Budi, berterima kasih dan mengapresiasi perguruan tinggi di lingkungan kerjanya yang telah bekerja keras dalam melakukan inovasi sebagai bentuk kontribusi untuk bangsa.

“Syukur alhamdulillah pimpinan-pimpinan perguruan tinggi lebih produktif di tengah pandemi Covid-19, hal ini dibuktikan melalui inovasi dan publikasi yang dihasilkan. Selamat kepada perguruan tinggi yang telah berupaya dalam pencegahan Covid-19, semoga dapat terus menghasilkan inovasi-inovasi yang berguna,”  kata Agus.

Sebagai penutup, Agus Setyo Budi menuturkan hikmah dan pembelajaran yang dapat diambil selama pandemi Covid-19, di mana kesadaran untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat menjadi prioritas, teknologi informasi yang semakin maksimal dimanfaatkan yang menjadikan aktivitas lebih mudah dan fleksibel, serta perguruan tinggi banyak menghasilkan produk-produk inovasi, kolaborasi, dan terbentuknya solidaritas antar manusia yang semakin tinggi dalam kegiatan kerelawanan. (Akatel Jakarta/Purel YPT)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top