preloder

Dosen ITTP Berikan Pelatihan Literasi Digital

Dosen Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) belum lama ini, memberikan pelatihan literasi digital. Pelatihan tersebut digelar bertepatan dengan acara program pelatihan tata kelola destinasi wisata di Kabupaten Kebumen, kerjasama antara Kementerian Pariwisata RI dan Disporawisata Kebumen. Dosen yang memberikan pelatihan adalah dosen Fakultas Informatika (FIF) ITTP, Novanda Alim Setya, S.S.,M.Hum., dan Apri Junaidi, S.Kom.,M.Kom.,M.Cs., dibantu oleh para mahasiswa ITTP.

Seluruh peserta dalam pelatihan didominasi oleh para pelaku wisata di Kabupaten Kebumen, yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Sehingga, pelatihan dari Dosen ITTP sangat strategis bagi Pokdarwis, karena literasi digital akan membantu dalam menambah wawasan dan mendorong peningkatan wisata untuk lebih memanfaatkan digitalisasi.

Materi yang disampaikan oleh kedua Dosen ITTP, membahas mengenai pemanfaatan dan pengelolaan media sosial dan tips untuk mengenalkan destinasi pariwisata dengan konten video berikut cara untuk membuat dan editing video. Memang saat ini banyak sekali cara dalam meningkatkan literasi digital. Khususnya dalam memanfaatkan google sebagai salah dasar meningkatkan kegiatan promosi destinasi wisata.

Gunarso, Kasi Pengembangan SDM Pariwisata Kabupaten Kebumen mengatakan, kegiatan pelatihan dengan narasumber dari kampus ITTP peserta sangat antusias. Adanya respon posistif dari para peserta harapannya mampu meningkatkan SDM dalam memanfaatkan ragam media sosial dalam mengelola dan menunjang dalam promosi destinasi wisata yang ada di Kebumen.

“Kami sangat berterimakasih sudah diberikan kesempatan oleh Pemerintah Kabupaten Kebumen untuk berbagi, khususnya dalam memberikan literasi digital. Mudah-mudahan pelatihan ini menjadi salah satu faktor dalam meningkatkan semangat serta menumbuhkan kreatifitas dalam mengenalkan destinasi wisata kepada masyarakat luas. Karena pada saat ini memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube menjadi konsumsi sehari – hari masyarakat. Tetap semangat, manfaatkan setiap peluang yang ada dan jadilah yang terbaik,” jelas Novanda.

Muhammad Wahyu peserta pelatihan mengungkapkan, pelatihan kali ini sangat membantu sekali. Terutama dalam meningkatkan ilmu dan wawasan tentang peningkatan pengetahuan tentang memanfaatkan sosial media.(Purel/ITTP)

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top