Nah! Ini Dia 7 Tips Penting Memilih Sekolah Taman Kanak-Kanak

Diunggah pada 25 April 2017, pukul 13:40

Waahhhh ??.!!! Tidak terasa ya…si Kecil sekarang sudah memasuki usia Balita. Pasti, Ayah dan Bunda sudah berencana memasukan si kecil untuk sekolah di Taman Kanak-Kanak. Bahkan, biasanya jika sudah memasuki usia balita, si Kecil meminta ingin sekolah seperti teman-teman yang lain atau kakaknya yang sudah bersekolah. Bunda pasti bingung kan memilih Sekolah Taman Kanak-Kanak untuk si kecil? Nah…ini dia 7 Tips penting memilih Sekolah Taman Kanak-Kanak. Silahkan disimak ya Ayah Bunda, mudah-mudahan tips ini bisa menjadi advice untuk pertimbangan pemilihan Taman Kanak-Kanak si Kecil yang sudah balita. Silahkan di simak ya Ayah Bunda…


1. Perhatikan Jarak Sekolah

TK Ayah..Bunda…perhatikan jarak antara rumah dan sekolah anak. Waktu tempuh ke sekolah maximal sekitar 15menit. Kenapa demikian? Agar anak tidak kelelahan di jalan. Terlalu lelah di jalan, menyebabkan anak sering sakit-sakitan, rewel, dan tidak bisa di latih untuk melakukan motorik kasar.


2. Perhatikan Fasilitas Indoor Dan Outdor Sekolah TK

Nah, ini salah satu faktor yang sangat penting. Pastikan sekolah taman kanak kanak memiliki fasilitas bermain untuk indoor dan outdor karena kebutuhan utama anak usia balita adalah bermain. Untuk fasilitas indoor, apakah disana ada permainan-permainan edukatif seperti menyusun puzzle, merangkai rumah-rumahan, permainan gambar, mewarnai, serta buku-buku bacaan yang menarik untuk anak-anak. Untuk fasilitas outdor, perhatikan apakah halaman cukup luas untuk permainan motorik kasar seperti olahraga, lari-lari, dan permainan-permainan outdor lainnya yang menunjang motoric kasar anak.


3. Perhatikan Guru Pengajar Sekolah TK

Pilihlah sekolah untuk anak kita yang guru-gurunya memiliki “unconditional love”, maksudnya adalah guru yang mengerti dan menerima kondisi anak apa adanya. Karena kemampuan dan kecerdasan antara anak yang satu dengan anak yang lainnya sangatlah berbeda. Sekolah yang baik haruslah memiliki guru-guru yang unconditional love seperti itu agar anak kita tidak dipaksa untuk melakukan sesuatu diluar kemampuannya. Sekolah yang baik, harus pula memiliki guru-guru yang mampu mendorong dan mengembangkan cara belajar anak yang beraneka ragam sesuai dengan karakteristik anak.


4. Perhatikan Kurikulum Sekolah TK

Ini juga menjadi salah satu factor terpenting dalam memilih sekolah TK. Pastikan sekolah yang dipilih adalah sekolah yang kurikulumnya mencakup perkembangan moral dan spiritual, emosional, social, kemandirian, keterampilan, melatih motoric kasar dan halus, serta kesenian. Jangan memilih sekolah TK yang terlalu berat memberikan pengajaran calistung terlalu dini. Karena calistung sebaiknya dilakukan secara bertahap dan menyenangkan sehingga anak tidak mengalami depresi sekolah dini. Ini sangat penting diperhatikan.


5. Perhatikan Kegiatan Sekolah

Kegiatan anak TK di sekolah harus juga diperhatikan, jangan memilih sekolah yang kegiatannya hanya Indor. Pilihlah sekolah yang kegiatannya meliputi eksplorasi langsung terhadap alam sekitar dan kegiatan outdor lainnya. Eksplorasi langsung sangat penting untuk membangun karakter anak sejak dini agar mereka peduli terhadap lingkungan/ alam sekitar dan juga dalam bersosialisasi. Misalnya, sekolah mengadakan kegiatan out bond yang sesuai dengan anak usia TK, melatih anak bagaimana bercocok tanam, memberi makan hewan ternak, menangkap ikan, mengajarkan anak untuk berbagi, mebagikan makanan kepada anak-anak yatim, bersedekah, dan hal-hal lain mempunyai manfaat positif untuk anak.


6. Perhatikan Kantin Sekolah

Ayah…Bunda, pasti ada saatnya anak meminta atau berkeinginan untuk ‘jajan’, Nah…tugas kita adalah memperhatikan kantin sekolah agar yakin bahwa kantin tersebut menjual makanan-makanan yang sehat dan aman untuk anak. Memang sih, lebih aman kita membekali anak makanan dari rumah atau memilih catering sekolah yang sehat.


7. Perhatikan Keamanan Sekolah

Nah, kalo ini…Ayah dan Bunda pasti akan selalu memperhatikan untuk keamanan anak kita. Pastikan sekolah menerapkan penjemput harus memakai ID (Kartu jemputan Khusus), atau jika bukan ayah dan Bunda yang menjemput, sekolah harus melakukan konfirmasi terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sekolah yang baik adalah sekolah yang mengedepankan keamanan untuk anak-anak didiknya dari orang-orang jahat ataupun hewan liar.


Bagaimana, sudah memutuskan sekolah TK mana yang cocok untuk anak Ayah dan Bunda?

Sekolah Telkom adalah sekolah yang tepat untuk anak ayah dan bunda karena kami memiliki kurikulum dan kegiatan serta point-point penting seperti di atas. Mau tau lebih banyak TK Telkom?

Yu kunjungi dan pelajari mengenai TK Telkom Lebih lanjut disini : http://telkomschools.sch.id/web/


 
 

© 2017, Yayasan Pendidikan Telkom, karya dan hak cipta dilindungi undang-undang.