Culture merupakan hal yang sangat penting bahkan fundamental untuk sebuah organisasi. Culture yang dimiliki sebuah organisasi haruslah dapat menjawab tantangan zaman. Hal ini juga yang dilakukan oleh PT.Telkom Telkom melakukan perubahan pada culturenya. Saat ini Telkom memiliki culture baru, jika sebelumnya adalah The Telkom Way, saat ini Culturenya menjadi The Telkom Way in Digital Era.
Hal ini diungkapkan oleh Yuddy Aryadi selaku AVP Cultural Development dalam acara Jumat Jujur Jadi Juara (4J) yang berlangsung pada Jum’at (14/02) lalu di Ruang Educafe Kantor Lakhar Jalan Cisanggarung No.2 Bandung.
“Mengapa kita harus berubah? Karena lingkungan pun telah berubah, maka agar kita dapat terus bertahan dan memimpin kita harus melakukan perubahan. Antisipasi dan manfaatkan sebesar-besarnya lingkungan saat ini supaya kita bisa jadi pemenang. Keberadaan kita saat ini karena adanya perubahan, hal itulah yang membuat kita bertahan, so jangan takut akan perubahan,”terangnya.
Menurutnya sering kali perusahaan besar itu tidak mau berubah, karena sudah berada dalam zona nyaman. Padahal hal itulah awal dari kehancuran, betapa tidak perusahaan raksasa dunia saat ini banyak yang telah tenggelam dan tergantikan oleh pendatang baru yang tanggap terhadap perubahan.
“Perubahan baru yang dilakukan Telkom merupakan hal yang biasa,”terangnya.
Terdapat perbedaan yang nyata antara Analogue Culture dengan Digital Culture, dimana pada Digital Culture yang menjadi kunci keberlangsungan dan pertumbuhan perusahaan adalah perilaku yang mendukung inovasi dan lokaborasi dengan tetap fokus pada customer.
“The Telkom Way in Digital Era adalah budaya perusahaan yang menjadi panduan dasar perilaku bagi seluruh insan Telkom Group dalam menghadapi era digital guna mencapai tujuan, visi dan misi perusahaan,”ungkap Yuddy
The Telkom Way ini Digital Era terdiri dari, Basic Belief yaitu Always The Best yang merupakan Philosophy to be The Best dengan pembentukan nilai Integrity, Enthusiasm, Totality. Core Value yang merupakan Principle to be The Star dengan nilai pembentuk Solid, Speed, Smart. Key Behaviour yang merupakan dengan nilai pembentuk Imagine, Focus, Action.
Practice to be The Winner in Digital Era dengan nilai pembentuk Collaborative, Openness, Desire to Reach Purpose, Innovative, Self Organized yang disebut dengan Telkom CODES, sebagai Digital Way of Working.
Telkom CODES yang terdiri dari value menjadi bagian dari The Telkom Way yang berisi nilai-nilai perilaku Practice to be the Winner in Digital Era, yang harus dimiliki seluruh insan Telkom.
“Apa yang sudah dicanangkan ini bagaimana agar bisa terwujud, bukan hanya sekedar jargon atau artefak semata tapi harus terlihat, terasa dan berdampak bisnis. Inilah pekerjaan rumah besarnya. Harus terasa perubahannya antara budaya baru dan budaya lama,”pungkasnya.(Purel/YPT)