Maksimalkan Potensi Diri Menuju Insan Berkarakter Unggul

Bekerja secara jarak jauh, namun produktifitas tetap maksimal. Begitu kiranya semangat yang diusung YPT saat ini, sehingga berbagai kegiatan tetap dilaksanakan meski dengan cara yang berbeda. Semangat pegawai Yayasan Pendidikan Telkom untuk menghidupkan program aktivasi budaya pun tak pernah surut. Jika biasanya kegiatan dilaksanakan secara langsung melalui tatap muka di kantor, namun saat ini hanya bisa dilakukan melalui video conference. Seperti kegiatan Selasa Siang Sharing Sareng Senior (5S) yang dilaksanakan pada Selasa (14/04).

Dalam kesempatan ini Direktur Primary&Secondary Education Anang Turyandono menjadi narasumber, dengan tema Power Up Your Spirit. “Semangat yang tinggi akan menemukan jalannya sendiri menuju sukses” begitu kata Anang memulai sharing mengutip dari The Telkom Way. Tema ini rasanya sangat tepat, disaat tengah dikepung pandemic COVID 19, maka spirit menjadi modal penting untuk tetap optimistis di masa sulit ini.

Semangat menjadi unsur penting dalam mencapai kesuksesan, namun ada hal yang lain yaitu memaksimalkan potensi. Menurut John C Maxwell, Anang menjelaskan jika kita mengetahui dan menyadari kemampuan kita, kemudian dikembangkan, kita membuat prioritas yang tepat maka itu akan menjadi jalan menuju kesuksesan.

“Langkah awalnya dengan menyadari  dengan kemampuan yang dimiliki, apa kelemahan dan kekuatan kita. Selanjutnya kita fokus pada kekuatan kita dan kembangkan agar hal itu menjadi potensi diri,”ucapnya.

Kelemahan tak selamanya menjadi kekurangan, sebaliknya ubahlah mindset agar kelemahan yang dimiliki dapat menjadi potensi dan akhirnya dapat mengantarkan pada kesuksesan. Namuan syaratnya, lakukan perubahan secara konsisten, tidak perlu drastis, perlahan-lahan namun konsisten. Selanjutnya jangan hanya sekedar wacana untuk merubah namun benar-benar dilakukan. Tetapkan potensi yang akan jadi prioritas, rubahlah menjadi semakin baik, fokus dan mulai beraksi.

“Untuk merubah hal yang baru, kadang membutuhkan waktu yang lama. Jika dilakukan terus menerus maka dan sungguh-sungguh maka akan menjadi kebiasaan. Tentunya diperlukan upaya dan tekad, jangan pernah bosan untuk merubah hal positif,”jelasnya.

Lalu apa sajakah potensi atau kapasitas  dalam diri kita yang dapat dimaksimalkan, ada tujuh potensi yaitu  Energy Capacity yaitu kemampuan untuk mendorong energi dalam diri kita.

“Jika ada energi negatif maka berupaya untuk mendorong dan mengubahkan menjadi energi positif. Karena pada dasarnya hambatan ada dalam diri, maka melawan diri sendiri untuk hal positif merupakan hal yang luar biasa,”tuturnya.

Selanjutnya Emotional Capacity , yaitu kemampuan untuk mengelola emosi. Thinking Capacity, berfikir secara efektif, harus mampu memilah mana yang menjadi prioritas. People Capacity, yaitu kemampuan untuk membangun hubungan dengan orang lain. Creative Capacity yaitu kemampuan untuk membuat ide-ide alternatif, di tengah upaya mencari solusi. Production Capacity yaitu kemampuan untuk menuju hasil dengan berfokus pada proses, terakhir Leadership Capacity yaitu kemampuan untuk mengelola orang lain.

Potensi yang ada dalam diri kita ini harus terus diasah, hingga akhirnya menjadi karakter atau identitas kita. Inilah goalnya, bahwa dengan memaksimalkan potensi terbaik yang ada dalam diri maka akan terbentuk karakter unggul.

Karakter unggul sesuai dengan nilai-nilai yang ada di Yayasan seperti Integrity, Enthusiasm dan Totality. Integrity berarti keyakinan (belief) terhadap nilai-nilai yang dianut pikiran (mind), dan perbuatan (action), apa yang diucapkan selarasa dengan yang dilakukan.

“Kejujuran, konsisten, komitmen dan kepatuhan menjadi sikap yang ada dalam integrity, menyampaikan kebenaran, taat pada aturan dan dapat dipercaya,”jelasnya.

Enthusiasm yaitu  keinginan untuk melahirkan kesungguhan, semangat, antusias untuk jadi yang terbaik, sungguh-sungguh, dan motivasi.

Totality  yaitu mengkontribusikan seluruh potensi diri, untuk menjadi yang terbaik, semua potensi dikerahkan semaksimal mungkin untuk kemauan yayasan. Dengan melakukan pengembangan diri, jangan cepat puas dengan yang dimiliki, dedikasi, berkinerja.

“Teruslah untuk menjadi yang terbaik dari dirimu, jadikanlah masa Work From Home ini untuk mengembangkan potensi yang ada dalam diri, sehingga kita tetap produktif,”pungkasnya.(Purel/YPT)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top