preloder

YPT Menuju Excellence Organization

Dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi, Yayasan Pendidikan Telkom saat ini telah menerapkan prinsip-prinsip pengelolaan excellence organization menurut kaidah Malcolm Baldridge.
 
Malcolm Baldridge merupakan kriteria pengukuran kinerja perusahaan secara menyeluruh yang mencakup seluruh fungsi manajemen, aspek-aspek pendekatan, penyebarluaskan dan hasil-hasil usaha serta membandingkan kinerja intern perusahaan dari waktu ke waktu.
 
 Kriteria sasaran Malcolm Baldridge National Quality Award (MBNQA) adalah membantu organisasi dalam meningkatkan daya saing dengan menitikberatkan pada sasaran yang berorientasi hasil, dengan mengadakan peningkatan yang terus menerus demi kepuasan pelanggan, dan meningkatkan kemampuan serta kinerja perusahaan secara menyeluruh.
 
Penerapan prinsip-prinsip pengelolaan excellence organization menurut kaidah Malcolm Baldridge menurut Ketua YPT Dr. Ir Dwi S. Purnomo, M.M merupakan hal yang penting.

“Dengan Malcolm Baldridge, seorang pimpinan dapat mengukur dirinya sendiri. Selain itu juga dapat dilakukan evaluasi  apakah kebijakan yang digulirkan oleh Yayasan itu benar atau tidak, impactnya seperti apa, itu semua terlihat dari hasil. Tahun kemarin kita masih belajar dan sekarang sudah berjalan,”ucapnya.
 
Saat ini, Kalakhar tengah menyelesaikan penyusunan Dokumen Implementasi Malcolm Baldridge, yang sudah mulai dilakukan sejak bulan Oktober 2018.  Untuk menjaga kesesuaian pemenuhan persyaratan dalam pengimplementasiannya, Tim YPT dibimbing oleh pakar, yang memiliki kompetensi yang teruji, dan jam terbang yang tinggi dalam proses pengimplementasian MB di beberapa perusahaan.
 
Pada akhirnya, dokumen yang telah selesai disusun nanti akan ditetapkan sebagai panduan bagi YPT Group dalam membangun excellence organization.(Purel/FA)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top