preloder

The YPT Way in Digital Era

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam Sejahtera Bagi Kita Semua,

Perubahan merupakan hal yang pasti terjadi dan mau tidak mau kita harus bersiap untuk menghadapinya. Merespon perubahan yang terjadi di lingkungan bisnisnya, Telkom  sebagai entitas besar di Negeri ini yang sudah berpengalaman dalam mengimplemetasikan budaya, perlu menyesuaikan Culturenya agar lebih tepat untuk menjawab perubahan dan tantangan bisnis.

Jika sebelumnya Telkom memiliki Culture The Telkom Way, saat ini Culture Telkom tersebut teah disesuaikan menjadi The Telkom Way in Digital Era. Mengapa hal ini dilakukan? Karena Telkom begitu tanggap akan kondisi lingkungan yang akan mempengaruhi bisnisnya. Jika tidak berubah sama saja memilih untuk mati, innovate or die.

Culture merupakan fondasi bagi sebuah organisasi, di dalamnya terdapat nilai-nilai yang kemudian menjadi identitas. Culture bukan hanya sekedar jargon namun menjadi guideline bagi setiap pegawai dalam bertindak sehingga sesuai dengan visi, misi dan tujuan yang ingin dicapai.

Telkom CODES  menjadi bagian dari The Telkom Way yang berisi nilai-nilai perilaku Practice to be the Winner in Digital Era, yang harus dimiliki seluruh insan Telkom, dengan nilai pembentuk Collaborative, Openness, Desire to Reach Purpose, Innovative, Self Organized sebagai Digital Way of Working.

Lalu bagaimana dengan Yayasan Pendidikan Telkom (YPT)?. Sebagai lembaga yang berada di naungan Telkom Group, YPT telah menyesuaikan The YPT Way dengan tantangan di era digital, The YPT Way yang baru diharapkan inline dengan Culture baru Telkom. YPT telah mempersiapkan diri untuk menghadapi era digital, sesuai dengan taglinenya,  bahwa YPT bercita-cita untuk menjadi The Leader of ICT Education Provider, hal ini mengisyaratkan bahwa seluruh lembaga pendidikan YPT harus menjadi pusat pendidikan ICT di mana lembaga pendidikan itu berada.

The YPT Way in Digital Era mempunyai spesifikasi pada bagian Key Behavior yaitu :

  • Practices to be The Winnerdengan nilai pembentukImagine, Focus dan Action.
  • Practices to be The Winner in Digital Eradengan nilai pembentukCollaborative, Openness, Desire to Reach purpose, Innovative, dan Self Organized atau disingkat CODES  sebagai Digital Ways of Working.
  • Practices to be The Winner in ICT Education Providerdengan nilai pembentukIntegrity, Harmony,  Excellent

Untuk itu, YPT pun telah mempersiapkan berbagai hal, mulai dari infrastruktur, program, kesiapan sumber daya manusia dll. Dalam arah pengembangan lembaga pendidikan, di YPT mengembangkan Digi Schools yaitu lembaga pendidikan mulai dari PAUD,  SD, SMP dan SMA/SMK serta Digi Campus.

Dalam pengembangan Telkom Schools (2018-2020), dalam program Digi Schools terdapat program CharacterDigi Content dan Digi Process. Terdapat digitalisasi konten dan proses pembelajaran, namun tetap mempertahankan karakter dasar dan fokus karakter yang ditentukan oleh masing-masing lembaga pendidikan. Hal ini sangat penting, karena YPT sangat concern pada pendidikan karakter, sehingga lulusannya pun memiliki integritas.

Dari sisi IT, YPT memiliki road map digital transformation: 2019-2023. Road map ini menjadi acuan bagi YPT untuk terus bertransformasi dan membawa seluruh lembaga agar menjadi yang terdepan dalam pengaplikasian teknologi digital.

Inovasi menjadi salah satu nilai yang ada dalam Telkom CODES, di YPT inovasi terus dibumikan sejak tahun 2018. Dalam manajemen karir, inovasi menjadi salah satu syarat kenaikan jabatan fungsional bahkan level posisi pegawai.

YPT juga berupaya untuk lebih menggairahkan budaya inovasi bagi pegawai, melalui gelaran adu inovasi pegawai YPT Group bernama IdeAte, event ini telah berlangsung selama dua tahun terakhir dan berada di bawah pengawasan komite inovasi. Tak heran jika insan di YPT memiliki ide-ide yang selanjutnya menjadi inovasi.

Bukan hanya di internal, insan YPT Group pun berperan aktif dalam ajang adu inovasi di Telkom Group, yaitu Hack Idea. Pada Hack Idea 2020, YPT menjadi peserta dengan jumlah inovasi terbanyak. Di area Jawa Barat YPT mendominasi, dari 138 inovasi yang masuk ke meja panitia, 56 inovasi berasal dari YPT. Sementara di wilayah Jawa Tengah, dari  124 inovasi yang masuk, 23 inovasi berasal dari YPT. Inovasi yang diikutsertakan tersebut berasal dari lembaga yang berada di bawah naungan YPT, mulai dari kantor Lakhar, lembaga pendidikan tingkat SMP, SMK, hingga perguruan tinggi.

Dengan culture yang dimiliki oleh YPT ini saya harap bukan hanya sekedar artefak yang terpasang di dinding, namun benar-benar diaplikasikan dalam setiap aktifitas kerja. Culture YPT benar-benar dijiwai oleh seluruh insan di YPT Group.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dwi S. Purnomo 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top