preloder

Telkom Campuses

Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) dengan sebaran lembaga pendidikan yang berada di bawahnya, mulai dari lembaga pendidikan dasar dan menengah (lemdikdasmen) dan lembaga pendidikan tinggi (lemdikti), memiliki satu semangat terkait transformasi digital (digital transformation) yang diimplementasikan di sekolah dan kampus yang berada dalam naungan YPT.

Digital transformation menjadi sebuah program dalam mewujudkan visi YPT untuk menjadi yayasan pendidikan yang bermutu dan berstandar internasional. Kerangka kerja digital transformation diadopsi oleh YPT pada seluruh lembaga pendidikan dimulai dari peningkatan kompetensi digital bagi seluruh sivitas akademik, penyediaan fasilitas serta dukungan teknologi digital untuk optimasi proses bisnis yang dijalankan oleh setiap lembaga.

Pemanfaatan teknologi digital akan mentransformasikan layanan yang diberikan oleh lembaga pendidikan kepada pelanggan (siswa/mahasiswa, orang tua siswa/mahasiswa, pemerintah, industri dan pihak lain yang terkait). Output dari digital transformation menjadikan keunggulan kompetitif bagi sekolah dan kampus.

YPT mengarahkan seluruh lemdikdasmen mulai dari PAUD/TK, SD, SMP dan SMA/SMK menjadi DigiSchool dan seluruh lemdikti menjadi DigiCampus yang kompeten dan memberikan keunggulan kompetitif bagi seluruh sivitas akademika.

Konsep DigiSchool dan DigiCampus digelar dengan penyiapan infrastruktur berupa jaringan di dalam kampus dan antarkampus yang terintegrasi, kami sebut sebagai integrated manageable simplistic campus network, serta data center untuk menjalankan seluruh layanan sistem informasi yang digunakan. Di atas infrastruktur tersebut, terus dikembangkan dan diimplementasikan secara bertahap menuju tiga poin Digi yang meliputi Smart Apps & Information System, Smart Building dan Smart Learning.

Digi point pertama yaitu Smart Apps & Information System dikembangkan secara in-house development menggunakan framework sistem informasi terintegrasi, iGracias. Bagi lemdikdasmen telah diterapkan iGracias for Telkom Schools untuk mendukung proses bisnis dan administrasi di seluruh sekolah. Sedangkan bagi lemdikti telah diterapkan dan dimanfaatkan iGracias for Telkom Campuses yang meliputi hampir seluruh proses bisnis pendidikan tinggi, mulai dari sistem informasi akademik, sistem informasi non-akademik dan seluruh aplikasi pendukung.

iGracias menjadi one-gate portal system yang menggunakan teknologi single account dan single sign-on, setiap pengguna hanya memiliki satu akun untuk mengakses semua aplikasi dan cukup sekali login bisa menggunakan seluruh aplikasi sesuai dengan haknya.

Digi point kedua yaitu Smart Building dikembangkan dengan menggabungkan teknologi energy management untuk otomasi dan efisiensi penggunaan daya listrik, surveillance system untuk monitoring proses pembelajaran di kelas, attendance system sebagai pencatatan kehadiran siswa/mahasiswa dan guru/dosen pada saat proses pembelajaran, digital signage yang terintegrasi dengan attendance system sehingga pada titik-titik tertentu proses belajar-mengajar dapat dilihat statusnya, dan juga command center yang merupakan pusat pengendalian jaringan lokal dan Internet yang ada di area sekolah/kampus.

Konsep Telkom DigiCampus & DigiSchool

Selain itu, Digi point ketiga yaitu Smart Learning disiapkan dalam bentuk smart classroom yang menggabungkan penggunaan materi instruksional dengan modul-modul, konten pembelajaran dan video-video yang interaktif dalam bentuk elektronik yang dapat diputar kapan pun dan dimana pun siswa/mahasiswa membutuhkan.

Di sisi lain, YPT juga memiliki Dashboard sebagai helicopter view dari keadaan seluruh lembaga di YPT Group. Dashboard YPT terus dikembangkan untuk berintegrasi dengan sistem lainnya. Dashboard YPT dianggap cukup memberikan kemudahan dalam melakukan fungsi pengawasan terhadap kinerja lembaga.

Untuk mendukung bisnis proses organisasi, tersedia juga sistem lainnya. Sebagai contoh, untuk pengelolaan data atau informasi terkait Sumber Daya Manusia (SDM) dan finansial, YPT saat ini menggunakan sistem informasi Human Capital (HC) dan juga Sistem Informasi Keuangan (SimKug).

Budaya komunikasi antar unit dan lembaga juga telah dilakukan secara paperless, melalui aplikasi memo online. Sedangkan untuk proses monitoring dan evaluasi setiap pencapaian target yang ditetapkan lembaga dalam aplikasi Kontrak Manajemen online, terdapat aplikasi Monev.

Melalui Keputusan Dewan Pengurus YPT Nomor: KEP.1054/00/DGS-HK01/YPT/2017 tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) tanggal 15 Desember 2017 dibentuk Unit Digital Transformation di bawah Direktorat Digital Transformation, Synergy, and Performance yang fokus untuk mengembangkan teknologi informasi di lingkungan YPT Group. Hal ini menunjukkan bahwa YPT menaruh perhatian yang lebih besar lagi kepada bidang IT guna mendukung proses bisnis seluruh lembaga di lingkungan YPT Group secara konsisten.

Di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom terdapat empat perguruan tinggi (Telkom Campuses) yang tersebar di empat kota di Indonesia, yaitu Bandung, Purwokerto, Jakarta dan Surabaya.

  1. Telkom University
  2. IT Telkom Purwokerto
  3. Akademi Telkom Jakarta
  4. IT Telkom Surabaya
Top