preloder

Siswa SMK Telkom Makassar Lawan COVID 19 Melalui Karya

Berbagai cara dapat dilakukan untuk berperan aktif dalam melawan COVID 19. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh siswa SMK Telkom Makassar  Muhammad Fernanda Putra. Melalui karyanya, siswa kelas XI jurusan Teknik Komputer dan Jaringan ini mengkampanyekan pencegahan diri dari COVID 19.

Bukan hanya itu, karyanya juga berhasil menjadi Juara 1 lomba design poster tingkat nasional berjudul Indonesia Bangkit Melawan Covid-19 yang diselenggarakan STIKes William Booth Surabaya beberapa waktu lalu.

“Terlintas dalam pikiran saya yaitu melawan COVID-19 yang berarti kita harus melawan dengan cara mencegah agar tidak tertular oleh virus tersebut. Dari situ kemudian diterjemahkan dalam poster yang mudah dipahami dan menarik untuk dibaca,”jelasnya.

Dengan poster ini, Fernanda ingin menyampaikan tata cara pencegahan COVID-19 dengan menerapkan kegiatan yang terbilang cukup mudah untuk dilakukan seperti mengunakan masker, physical distancing, cuci tangan dll.

Fernanda menjelaskan dalam  proses pembuatan design poster   diawali dengan  mencari referensi dari berbagai artikel yang membahas tentang tata cara pencegahan COVID-19. Kemudian proses kreatif pun dimulai.  Seluruh proses pembuatan poster dikerjakan di rumah, kemudian karyanya dikirim ke panitia lomba secara online.

“Untuk gambar komponen illustrasinya  (seperti orang yang menggunakan APD) saya buat dengan gambar manual (sketsa) di kertas terlebih dahulu, lalu saya membuat kembali illustrasinya dengan menggunakan software Adobe Photoshop,”ungkapnya.

Terkait dengan prestasi yang diraihnya, Fernanda mengatakan dirinya tentunya merasa senang. Selain dapat mengharumkan nama sekolah, juga dapat berkontribusi dalam pencegahan COVID 19 melalui cara yang kreatif. Selamat untuk Fernanda dan SMK Telkom Makassar. (SMK Telkom Makassar/Purel YPT)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top