preloder

Siswa SMK Pariwisata Telkom Bandung Ciptakan Aplikasi Tata Tertib

Siswa SMK Pariwisata Telkom Bandung M. Fadhilah dan Mutiara menciptakan sebuah inovasi yaitu “Reward and Punishment Digital Card”, karya ini juga berhasil meraih juara ke-2 pada Industrial Green Competition 2019 di Tellkom University beberapa waktu lalu.

Seperti Namanya aplikasi ini digunakan dalam menegakkan tata tertib di sekolah. Sebelumnya, SMK Pariwisata Telkom Bandung mempunyai kartu pelanggaran, akan tetapi penggunaan kartu tersebut pemborosan kertas. Bukan hanya itu, Kartu tersebut bisa saja hilang atau rusak, sehingga pendataan tata tertib siswa SMK Pariwisata Telkom Bandung tidak tersusun dengan semestinya.

  1. Fadhilah dan Mutiara kemudian memiliki inovasi untuk membuat aplikasi tujuannya agar mudah diakses dan paper less. Aplikasi ini digunakan oleh siswa, OSIS, dan guru kesiswaan untuk menginput data kesalahan siswa. Siswa hanya dapat melihat sudah berapa banyak kesalahan yang dilakukan. OSIS memasukkan data siswa-siswa yang bermasalah, dan guru kesiswaan menjadi admin.

SMK Pariwisata Telkom menginginkan siswa yang disiplin dan berkarakter dengan mengikuti kemajuan teknologi. Kemajuan teknologi inilah yang diharapkan dapat bermanfaat sehingga berguna untuk dilanjutkan oleh generasi selanjutnya. “Reward and Punishment Digital Card” dapat mengurangi kertas, menjadi rambu-rambu siswa, dan memudahkan kesiswaan untuk menginput data.(Bingah/SMK Pariwisata Telkom Bandung)

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top