preloder

SD Telkom Padang Gelar Workshop Pengembangan Pembelajaran Kurikulum 2013 Berorientasi HOTs

SD Telkom Padang menyelenggarakan “Workshop Pengembangan Pembelajaran Kurikulum 2013 Berorientasi HOTs”  16-17 Februari 2019 di Gedung SD Telkom Padang Jalan Aur Duri Indah Raya, kota Padang.

Dalam acara yang diikuti oleh  semua majelis  guru SD Telkom Padang ini, menghadirkan Narasumber dari LPMP Propinsi Sumatera Barat yaitu widyaiswara Delviati, SPd, M.Pd. Kegiatan ini  bertujuan untuk memahami dan Menerapkan kurikulum 2013 Berorientasi High Order Thingking Skill ( HOTs ).

“Untuk menerapkan ini mindset guru harus berubah terutama sikap dan cara dalam menganalisis dan memahami apa itu HOTs dan bagaimana guru mengelaborasi, mengurai materi pada Kompetensi Dasar (KD) kedalam Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) menggunakan Kata Kerja Operasional (KKO) HOTs itu sesuai dengan perubahan dan penyesuaian dengan perkembangan kurikulum  dan kebutuhan SD Telkom Padang,”ungkapnya.

Untuk lebih memahami apa itu HOTs, kegiatan pun tak hanya dikemas dengan pemberian materi, digelar juga tanya jawab dan praktek secara langsung.

Pada penyusunan Silabus berdasarkan Analisis materi berbasis HOTs  kemudian dilahirkan RPP dengan menggunakan model- model pembelajaran Discovery Learning, Problem Base Learning, Project Base Learning, Kooperatif Learning dan Inquiry yang terintegrasi Character Content Proces ( CCP) sesuai dengan misi dan tujuan SD Telkom Padang. Inilah menjadi tugas semua guru mengimplementasikan dalam menyelesaikan kurikulum untuk peningkatan kemampuan kompetensi guru – guru SD Telkom Padang.

Berdasarkan hasil workshop Penerapan Kurikulum 2013 berorientasi HOTs dalam proses pembelajaran diperlukan monitoring untuk menindaklanjuti kepastian terlaksana disemua tingkat kelas.

Selanjutnya usai workshop ini, akan dilakukan pemantauan untuk mengetahui sejauh mana dapat diterapkan hasil workshop oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran. (SD Telkom Padang)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top