Perubahan Untuk Menyongsong Tahun Pertumbuhan

0
Client

 

Assalamualaikum Wr. Wb

Salam Sejahtera Bagi Kita Semua

 

Ucap syukur ini tak pernah terhenti manakala menyaksikan pertumbuhan seluruh lembaga di Yayasan yang begitu pesatnya. Hampir seluruh lembaga membuahkan hasil yang positif di tahun ini, baik lembaga pendidikan maupun unit bisnis, semuanya tumbuh sesuai dengan harapan.

 

Tentunya semua ini bukan hasil kerja semalam, melainkan sebuah proses panjang yang dijalankan oleh seluruh insan di Yayasan dengan baik juga smart. Untuk itu, saya ucapkan terima kasih atas peran aktif saudara semuanya.

 

Tahun 2016 yang dicanangkan Yayasan sebagai tahun kualitas alhamdulilah dapat terwujud.  Fondasi yang telah dibangun di tahun 2015,  dilaksanakan secara berkelanjutan hingga tahun 2016 dapat membuahkan hasil yang luar biasa.

 

Seluruh lembaga di bawah Yayasan dapat menjadi yang terbaik terutama di bidang ICT, tak hanya di tingkat lembaga, personalnya pun demikian. Satu diantaranya prestasi Kepala Sekolah Terbaik Nasional tingkat SMA yang diraih oleh Kepala SMA Telkom Bandung, Guru SMK Telkom Jakarta sebagai Guru Produktif Terbaik Nasional dan prestasi membanggakan juga baru saja diraih siswa SMK Telkom Malang berhasil menjuarai ajang SMK Inclusive Innovation Challenge 2016.

 

Prestasi ini sangat luar biasa, disaat  Yayasan belum mampu untuk memberikan sarana dan prasarana atau ahli-ahli yang mumpuni di bidang ICT, seluruh lembaga justu telah  memberikan performa yang gemilang. Untuk itulah, di tahun 2017 perlu dikuatkan kembali, dengan lingkungan yang telah banyak berubah di luar, maka YPT harus memiliki kendaraan yang diharapkan lembaga.

 

Sehingga perlu dibuat kendaraan yang mampu melaju dengan cepat di jalan bebas hambatan yaitu melalui penataan organisasi. Dengan adanya Struktur Organisasi Tata Kelola (SOTK) baru, diharapkan dapat mengakomodir kepentingan atau kebutuhan internal dan eksternal.

 

Maka, di Kantor Badan Pelaksana Kegiatan Yayasan (kantor pusat) terutama dikuatkan, dengan adanya formasi khusus untuk bidang ICT setingkat Vice President (VP). Unit ini bukan hanya untuk kantor pusat Yayasan tapi merangkul seluruhnya, baik di lembaga Pendidikan Dasar dan Menengah maupun Lembaga Pendidikan Tinggi, menjadi satu frame work. Melalui formasi ini juga diatur bagaimana kebijakan ICT, sehingga lembaga di bawah Yayasan juga bisa merasakan kehadirannya.

 

Perubahan (SOTK) baru ini akan berlaku pada 1 januari 2017, dengan semangat kebersamaan maka perubahan ini tak hanya terjadi di kantor pusat, tapi juga di beberapa lembaga di bawah YPT, salah satunya di Telkom University.

 

Dengan perubahan ini diharapkan semuanya lebih cepat lagi untuk tumbuh. Dengan kondisi yang ada, sudah tidak relevan lagi jika memakai kendaraan yang telah usang. Kantor pusat terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik pada seluruh lembaga, untuk itu perubahan menjadi hal yang mutlak dilakukan.

 

Agar pelayanan semakin maksimal, kemampuan dan pengetahuan pun terus ditingkatkan melalui pelatihan sehingga dapat memberikan program dan kebijakan yang tepat untuk lembaga. Seluruh insan di kantor pusat telah siap untuk berubah dan menikmati perubahan tersebut. Karena perubahan menjadi sebuah kebutuhan, bukan hal yang mengada-ada, perubahan it’s  a must.

 

Sesuai dengan core value Yayasan, yaitu solid, speed, smart, seluruh aktifitas di Yayasan ini haruslah mengandung nilai-nilai tersebut. Tahun 2015-2016 tidak diragukan lagi masalah solid, baik itu di  kantor pusat  ataupun di lembaga, nuansa kebersamaan sudah kental terasa.

 

Selanjutnya, dengan modal solid atau kebersamaan, seluruh insan bersatu padu untuk menciptakan speed di tahun 2017, dan untuk menuju smart (based on ICT), kita harus mencari inovasi atau cara baru.

 

Terlebih menyongsong tahun pertumbuhan, dimana di tahun 2017 akan bergantinya status ST3 Telkom Purwokerto menjadi Institut Teknologi Purwokerto serta Akatel Jakarta yang akan berubah menjadi Sekolah Tinggi. Juga lembaga pendidikan dasar dan menengah yang akan terus tumbuh dan berkembang baik dari sisi kuantitas maupun kualitas. ICT sebagai dasar dari Yayasan ini harus terus diperkuat. Salah satu penerapannya melalui SAP yang telah digunakan di bidang Finance, Logistic dan Human Capital.

 

Ini menjadi modal dasar penerapan ICT di Yayasan yang telah masuk ke berbagai sektor. ICT bukanlah bidang tersendiri, melainkan harus menyatu dengan bidang lainnya. Sehingga dapat saling mendukung (solid) dan mempercepat laju Yayasan ini untuk menjadi The Leader of ICT Education (speed). Penerapan ICT ini tidak hanya diberlakukan pada tataran pendidikan (kurikulum/pengajaran) tapi juga pada sistem pendukung di Yayasan.

 

Terlebih saat ini Yayasan sudah mempunyai data base berbasis ICT yaitu Dashboard untuk mengetahui seluruh data dan aktifitas yang ada di seluruh lembaga yang ada di bawah Yayasan. Inilah cara yang smart yang telah dilakukan Yayasan. 

 

Bersyukur sekali, tahun ini bisa kita tutup dengan baik, dan mari kita songsong tahun 2017 dengan prestasi dan kerja nyata untuk YPT yang lebih baik lagi. Amin.

 

Bandung, 30 Desember 2016

 

 

Wassalamualaikum Wr. Wb

 

Dwi S. Purnomo

 


Berita Terkait

Tags

Popular & recent