preloder

Kegigihan dan Keikhlasan Insan Menuju Keberkahan Yayasan

Yayasan Pendidikan Telkom kembali menggelar Selasa Siang Sharing Sareng Senior (5S) pada Selasa (10/03) di Ruang Educafe Kantor Lakhar Jalan Cisanggarung No.2  Bandung. Dalam kesempatan ini, sharing disampaikan oleh Direktur General Support Heru Kurniawan dengan tema Do Presistent and Sincere to be Blessed.

Kegigihan dan Keikhlasan menjadi poin dalam 5S kali ini, menurut Heru dua nilai ini sangat penting untuk  dimiliki oleh setiap insan di Yayasan. Untuk mencapai tujuan, tentunya memerlukan kegigihan, upaya yang terus menerus, tanpa mengenal lelah. Sebagai insan yang mengabdikan diri di Yayasan, setiap aktifitas kerja yang dilakukan harus disertai dengan keikhlasan, sehingga bekerja bukan hanya menjadi mata pencaharian tapi memiliki nilai ibadah. Pada akhirnya akan mendatangkan keberkahan untuk Yayasan.

“Seberapapun beratnya pekerjaan, tidak akan berhasil kalau tidak dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, terlebih memiliki mental mudah menyerah, maka diperlukan kegigihan, keuletan dan kuncinya agar semua itu mudah dilakukan adalah jalani dengan  Ikhlas,”terangnya.

Tentu saja kegigihan dalam diri seseorang tidak terbentuk begitu saja, melainkan sebuah proses yang dijalankan terus menerus hingga menjadi habit. Heru menyampaikan agar pegawai  menjadi sosok yang gigih,  maka hendaknya  memiliki kebiasaan-kebiasaan sebagai berikut.

Yang pertama harus mempunyai visi dan tujuan, hal ini penting untuk menentukan arah atau hal yang ingin dicapai. Yang kedua adalah tepat waktu atau disiplin, yang ketiga adalah tidak mudah menyerah, mempunyai semangat pantang menyerah seberapa pun berat permasalahan yang dihadapi. Keempat memiliki jaringan yang baik (networkingnya luas), seseorang yang berhasil adalah bekerja dengan orang-orang di sekitarnya lintas unit, lintas divisi, lintas organisasi, terakhir jangan menunda nunda, kerjakan yang bisa dikerjakan dan tepat waktu.

“Kegigihan yang telah tertanam dalam diri, hendaknya terus dikembakan. Bagaimana caranya, antara lain harus memahami dan bisa mengidentifikasi diri sendiri, harus punya motivasi yang kuat, dan jangan lupa eksekusi yang jelas dengan membuat action plan, selain itu pegawai harus mampu menyikapi segala sesuatunya dengan positif (punya mentalitas yang positif), mampu memilih teman/ group yang sesuai dan mendukung, serta harus punya kebiasan disiplin,”ungkapnya.

Kegigihan dan Keihlasan merupakan salah satu ciri dari seorang leader, untuk menjadi leader yang baik ,maka ada 4 hal yang perlu dipunyai yaitu : Integrity, Leadership Style yang sesuai, Quick to Learn (cepat memahami sesuatu dan cepat memutuskan sehingga perlu pemahaman yang detail ‘concern to detail’, paham mana yang akan diperbaiki dan mana yang perlu ditingkatkan), Well Established of Life (pemimpin sudah tidak akan memikirkan dirinya sendiri tetapi sudah berpikir untuk lingkungannya, komunitas dan masyarakatnya)

Menurut Heru apa yang disampaikannya ini merupakan pengingat, baik itu bagi dirinya sendiri maupun untuk seluruh pegawai. Bagaimana kita menentukan tujuan hidup dan langkah seperti apa yang perlu dilakukan untuk mencapainya. Seberapapun beratnya beban yang dihadapi, jika kita gigih semua itu bisa dilalui.

“Apa yang saya sampaikan ini untuk merefresh, keluarga besar YPT Group harus saling mendukung, saling mengingatkan. Soliditas dan integritas harus dijiwai, semoga apa yang kita lakukan akan membawa keberkahan untu kita semua,”pungkasnya.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top