preloder

ITTelkom Surabaya Jalin kerjasama dengan Dua Perguruan Tinggi Malaysia

ITTelkom Surabaya akan menjalin kerjasama dengan dua Perguruan Tinggi Malaysia yaitu, Universiti Teknologi Malaysia (UTM) dan Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM). Kerjasama ini meliputi student exchange, double degree, joint research dan kesempatan kuliah lanjutan (postgraduate) untuk dosen.

Dalam rangka penjajakan kerjasama ini, tim ITTS melakukan kunjungan ke UTM dan UTHM. Wakil Rektor II IT Telkom Surabaya, yaitu Ir. Tri Agus Djoko Kuntjoro, M.T mengatakan ada beberapa hal yang telah menjadi kesepakatan dan akan ditindaklanjuti.

“Bersama UTM disepakati, akan ada program reciprocal dimana mahasiswa akan dikirim untuk kuliah 1 semester dalam kelas bahasa inggris ataupun kelas bilingual, pertukaran dosen untuk mengajar dan melakukan riset, serta seminar atau workshop kecil yang melibatkan dua belah pihak.  Rancangan kerjasama ini akan dijajaki selama 3 bulan kedepan,”jelasnya.

Sedangkan kerjasama ITTelkom Surabaya dengan UTHM, dilakukan penandatanganan Memorandum of Aggreemnet (MoA) untuk kerjasama riset di level fakultas. Kerjasama Riset ini akan banyak berada di area riset Teknik Industri, Teknologi Informasi, Teknik Komputer, dan Teknik Telekomunikasi.

Dalam bidang riset, ITTelkom Surabaya berkomitmen untuk melakukan riset yang dapat diimplementasikan dalam bidang specialty dari ITTelkom Surabaya, seperti pengembangan radar untuk keperluan maritim, simulasi trafik untuk transportasi , dan pengembangan riset di ranah logistic darat udara, dan terutama laut dapat diterima users dan pasar pada ranah tersebut.

Kerjasama ini juga tidak lepas untuk menyiapkan mahasiswa dari ITTelkom Surabaya untuk dapat merasakan pengalaman di dunia internasional (International Experience) sehingga lebih adaptif dan kompetitif saat bersaing di dunia professional ataupun di dunia bisnis.

“Bagi calon mahasiswa ITTelkom Surabaya, hal ini juga dapat dipertimbangkan sebagai prospek dan nilai plus ketika mereka nantinya telah menjadi mahasiswa ITTelkom Surabaya untuk mendapat pengalaman student exchange ke perguruan tinggi di Malaysia bahkan kesempatan meraih double degree dari Perguruan Tinggi di Indonesia dan Malaysia,”jelasnya.

Saat ini di ITTelkom Surabaya Terdapat 7 Program Studi yaitu Teknik Telekomunikasi, Teknik Elektro, Teknik Komputer, Teknik Industri, Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak (software Engineering).

Perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom ini didirikan  berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 733/KPT/I/2018 tanggal 4 September 2018  tentang izin pendirian Institut Teknologi Telkom  Surabaya di Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Telkom. (ITTelkom Surabaya)

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top