preloder

Istiqomah Bekerja di Yayasan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam Sejahtera Bagi Kita Semua

Alhamdulillah, selama bertugas di YPT saya telah mengunjungi seluruh lembaga pendidikan YPT Group yang berada di berbagai wilayah. Menyapa secara langsung para pejuang pendidikan. Ketika melakukan kunjungan ke lembaga pendidikan, saya sering kali mendapatkan hal-hal yang mengejutkan, namun dari sanalah saya menemukan insan Yayasan sejati. Salah satunya ketika melakukan perjalanan ke lembaga pendidikan dasar di wilayah Kalimantan. Di hari kunjungan sekolah, saya disambut dengan hangat oleh para guru dan siswa, senyum  manis siswa siswi masih membekas di hati, wajah polosnya memancarkan spirit tersendiri bagi saya.

Jumlah siswanya tidak lebih dari 20 orang, namun keceriaan mereka menghangatkan suasana sekolah. Kelas pun saya datangi satu per satu, di salah satu kelas, saya melihat ada yang jumlah siswanya hanya satu orang. Pernahkah terbayangkan anda hanya memiliki satu siswa di kelas?.

Meski suasana kelas tak seramai sekolah yang lain, namun saya melihat semangat yang luar biasa dari para guru. Tidak ada kata bermalas-malasan, atau memberikan pelayanan alakadarnya. Sebaliknya, terus berusaha untuk dapat memberikan layanan terbaik pada anak didiknya. Datang tepat waktu, siap untuk menyambut para siswa. Mengajar dan mengasuh siswa dengan hati, bukan hanya sekedar menggugurkan kewajiban, hingga terjalin kedekatan antara siswa dan guru, sudah layaknya seperti ibu dan anak. Sebuah pemandangan yang menyejukkan hati.

Tidak ada yang dipikirkan selain bagaimana cara untuk memajukan sekolah, dengan memberikan layanan prima pada siswanya yang berjumlah sedikit tersebut. Insan-insan terbaik ini terus berupaya untuk dapat memenuhi target siswa, meski hal tersebut belum dapat diwujudkan, namun semangat untuk dapat mencapainya itu yang sangat diapresiasi.

Apa yang diperlihatkan para pejuang pendidikan ini merupakan sebuah sikap istiqomah,  mereka tegak lurus, on the track hanya fokus untuk mendidik para siswa, memiliki integritas dalam bekerja, tidak tergantung banyaknya siswa namun, disesuaikan dengan standar pelayanan. Muaranya adalah nantinya apa yang mereka berikan akan membekas pada siswa dan kembali mempercayakan lembaga pendidikan YPT.

Semangat inilah yang saya harapkan ada dalam diri setiap insan di Yayasan. Bahwa kita harus kembali menyadari diri kita adalah pegawai Yayasan Pendidikan, maka berikanlah yang terbaik dari diri kita untuk Yayasan dan seluruh lembaga.

Saya yakin bahwa hasil tidak pernah menghianati proses, maka apa yang saat ini saudara ikhtiarkan pada akhirnya buahnya tak akan jauh berbeda dari upaya kita. Menanam apel maka akan berbuah apel. Untuk itu proses yang kita jalani haruslah sesuai dengan nilai-nilai yang dijunjung di Yayasan ini. Berkaca dari para pejuang pendidikan tadi, bahwa sikap istiqomah yang dimiliki mencerminkan integritas, inilah fondasi yang harus kita miliki, saya yakin hasilnya pun akan excellent.

Pusatkanlah segala perhatian, waktu dan kemampuan kita untuk  memajukan seluruh lembaga karena kemajuan lembaga adalah kemajuan bagi kita semua, terpuruknya lembaga berarti menjadi kegagalan kita bersama.

Kita kembali pada visi Yayasan yaitu menjadi Yayasan Pendidikan yang bermutu dengan standar internasional untuk membentuk insan berkarakter unggul, dalam membangun peradaban bangsa. Betapa mulianya visi dari Yayasan ini, membentuk insan berkarakter unggul, seyogyanya dimulai dari insan-insan Yayasan yang juga memiliki karakter unggulan pula. Saya yakin saudara semua adalah insan pilihan yang diamanahkan tugas mulai untuk mencerdaskan anak bangsa.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dwi S. Purnomo

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top