preloder

Culture to Commerce melalui KOMPAK YPT

“Dalam tubuh yang sehat, terdapat produktifitas kerja yang maksimal.” Jargon ini sudah banyak dihafal orang, namun padatnya aktivitas kerja kerap membuatnya mengabaikan kesehatan, bahkan baru menyadari nikmat sehat ketika sakit. Sangat mudah menemukan alasan untuk tidak berolah raga, sama mudahnya menemukan alasan untuk tidak menerapkan pola hidup sehat.

Namun hal ini berbeda, ketika hari Jumaát pagi kita menemukan sekelompok pegawai di Yayasan Pendidikan Telkom keluar dari Gedung sate, Jalan Cisanggarung no 2, dengan setting pakaian dan semangat siap berolah raga. Mereka menamakan kelompoknya dengan Komunitas Pejalan Kaki (KOMPAK) YPT. Olah raga berjalan kaki, terdengar biasa namun efeknya ternyata luar biasa.

Setiap 2 kali sepekan, komunitas ini berkegiatan di hari Rabu dan Jumat mulai dari pukul 06.00-07.30 wib,  waktu ini dipilih selain karena udara pagi masih bersih sehingga baik untuk aktifitas jalan kaki, juga tidak mengganggu aktifitas bekerja.

Lalu berjalan seperti apa sih yang bisa membuat badan kita sehat? Bukan jalan-jalan di mall yah tentunya.

Menurut Founder Kompak YPT yaitu Dwi Joko Purwanto metode berjalan kaki Brisk Walking,  tepat dilakukan untuk seseorang yang menginginkan kondisi badan yang bugar melalui berjalan kaki. Brisk Walking yaitu berjalan dengan cepat seperti terburu-buru. Target kecepatannya adalah selama 12 menit harus dapat menempuh jarak 1 km. Gimana cara mengukurnya bisa menggunakan aplikasi khusus di hp. Mudah bukan.

Melalui Brisk Walking juga dapat melatih vitalitas tubuh, sehingga tidak mudah Lelah. Tapi, ada aturan khusus bagi mereka yang berusia lebih dari 40 tahun. Denyut jantungnya tidak boleh lebih dari 130/detik. Kalau sudah mulai ngos-ngosan maka itu artinya detak jantung sudah melebihi batas dan kurangilah tempo berjalan.

Inilah kelebihan dari jalan kaki, selain murah dan mudah, juga dapat mengontrol detak jantung. Sehingga bisa melatih jantung agar tidak fluktuatif dalam waktu yang singkat. Idealnya saat olah raga, detak jantung naik secara perlahan dan turunpun secara perlahan.

KOMPAK menetapkan target yang untuk anggotanya yaitu body mass index (BMI) menuju nilai 18,5-23. Dan menurunkan lingkar perut bagi laki-laki menuju ke nilai 90 cm dan wanita 80 cm. Bukan berarti mereka yang lebih tinggi itu tidak sehat, namun lingkar perut dan BMI juga dapat menjadi salah satu indikator bagi kita untuk bisa menjaga kesehatan melalui pengukuran BMI dan lingkar perut yang ideal.

Selain mendapatkan manfaat kesehatan tubuh, olah raga melalui komunitas juga memiliki value lain. Setiap jum’at, selain berjalan kami, komunitas ini juga menebar kebaikan, Ranger KOMPAK YPT memberikan nasi bungkus pada orang-orang yang membutuhkan yang ditemui di jalan. Dananya berasal dari kocek Ranger Kompak  atau donasi dari pegawai.

Kegiatan setiap Jumát ini diharapkan selain mendapatkan tubuh yang sehat juga bisa  menumbuhkan value lain seperti emphaty, harmony, totality dan enthusiasm. Dengan kesadaran sendiri, tanpa adanya paksaaan (enthusiasm) atau aturan yang mengekang mereka mau berolah raga bahkan mengorbankan sesuatu (totalitas) untuk dirinya dan untuk membagikan kebaikan pada orang lain (emphaty). Olah raga bersama juga dapat mempererat kebersamaan antara pegawai (harmony).

Sesuai dengan program Budaya Telkom Group dengan tema Culture to Commerce, aktifitas olah raga di YPT ini masuk dalam program Create Movement atau Ayo Bikin Nyata. Karena program culture itu harus berimpek maka melalui kegiatan ini menjadi contoh kecil untuk memberikan kontribusi nyata pada perusahaan yaitu efisiensi beban kesehatan.

Sebagai gambaran, setiap bulan YPT melakukan pembayaran biaya kesehatan pegawai YPT Group lebih dari 1 Milyar per bulan. KOMPAK YPT menjadi ikhtiar untuk menciptakan kesehatan pegawai melalui aktifitas olah raga, sehingga harapannya dapat mengurangi / efisiensi beban kesehatan Yayasan. Jika pegawai sehat, maka produktifitas pun akan meningkat.

Yuk ah kita mulai olah raga, mulai dari yang kamu bisa dan mulai dari sekarang…Salam Sehat Selalu. (Purel/YPT)

Artiket ini telah diterbitkan di website inspire.telkom.co.id

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top