preloder

Bersatu untuk Melawan COVID 19

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam Sejahtera Bagi Kita Semua

Seluruh insan di Yayasan Pendidikan Telkom yang saya cintai, semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan kesehatan kepada kita semua, begitupun dengan keluarga di rumah. Marilah kita senantiasa mengawali segala aktifitas dengan berdoa, karena doa menjadi spirit yang luar biasa khususnya ditengah kondisi yang saat ini tengah kita hadapi bersama, di dalamnya ada kekuatan sekaligus kepasrahan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai pemilik dunia.

Seperti diketahui bahwa saat ini, dunia tengah dikepung oleh pandemi global virus corona atau corona virus disease (COVID) 19, paparan virus yang telah menyebar ke berbagai negara menyebabkan pengaruh yang luar biasa pada jutaan manusia di bumi. Efeknya pun menghantam berbagai sektor, mulai dari ekonomi, pariwisata, hingga pendidikan. Dunia pun berduka atas jatuhnya korban COVID 19 di berbagai negara tak terkecuali di Indonesia.

Situasi ini tentunya membuat kita khawatir, namun jangan pernah mengurangi optimisme kita bahwa semua ini akan segera berakhir dengan baik, tentunya dengan berbagai upaya maksimal yang telah dilakukan.

Yayasan Pendidikan Telkom pun merespon dengan sigap kondisi ini, dengan meliburkan siswa seluruh lembaga pendidikan mulai dari TK,SD, SMP, SMA/SMK hingga perguruan tinggi dan pegawai YPT Group, sesuai dengan himbauan pemerintah. Saat ini lebih dari 52.000 orang terdiri dari siswa/ mahasiswa lembaga pendidikan YPT dan pegawai YPT Group beraktifitas dari rumah. Siswa/mahasiswa melaksanakan Distance Learning dan pegawai menjalankan Working From Home, sehingga dapat tetap produktif tanpa mempertaruhkan keselamatan jiwa dari incaran COVID 19.

Di tengah masa libur aktifitas belajar mengajar di lembaga pendidikan, dipastikan tidak mengurangi hak peserta didik untuk mendapatkan ilmu. Para pendidik secara langsung memberikan arahan pembelajaran, dibantu atau dibimbing oleh orang tua di rumah.

Hal ini dilakukan, semata untuk melindungi seluruh insan Yayasan dari kemungkinan terpapar COVID 19. Dengan tidak melakukan aktifitas di luar rumah selama waktu yang telah ditentukan. Resiko yang tinggi tentunya perlu untuk diantisipasi demi keselamatan dan kesehatan kita bersama, maka belajar dilaksanakan dari rumah dan bekerja pun dari rumah. Insyallah semua bisa dijalankan dengan baik, tanpa mengganggu proses yang berjalan seperti kondisi normal.

Saudara yang  menjalankan Working From Home, juga kini dapat memiliki waktu lebih banyak, dengan anak, istri atau suami. Semuanya beraktifitas di dalam rumah, hal yang jarang terjadi di hari-hari biasa. Setiap kita kini memiliki peran ganda, menjadi pegawai, menjadi guru pengganti bagi anak di rumah, dan masyarakat yang harus berperan aktif untuk mencegah penyebaran COVID 19, dengan beraktifas di dalam rumah dan tidak keluar dari rumah jika bukan merupakan hal yang sangat penting.

Mari kita jadikan semua ini sebagai momen titik balik khususnya spiritualitas kita, dimana banyak sekali hikmah yang Tuhan Yang Maha Esa selipkan dari peristiwa ini. Bahwa begitu nikmat sehat itu sangatlah berharga, saat ini sehat menjadi barang mahal, padahal mungkin sebelumnya nikmat ini tidak pernah kita sadari dan membuat kita lupa untuk bersyukur.

Namun saat ini, bagi kita yang tengah sehat, kondisi ini begitu kita syukuri sebagai anugerah yang luar biasa dari Tuhan Yang Maha Pengasih. Semoga kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik, yang lebih mensyukuri segala yang telah diberikan oleh Tuhan, sekecil apapun itu. Hendaknya kita dapat semakin mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, memasrahkan diri di tengah usaha maksimal kita untuk mencegah atau terhindar dari COVID 19. Bahwa tidak ada kekuatan yang melebihi kekuasaan-Nya.

Saat ini juga menjadi istirahatnya alam dari aktifitas manusia yang kerap kali merusak lingkungan, ketika berbagai negara melakukan lockdown dimana tidak ada aktifitas manusia, maka alam memiliki waktu untuk menyembuhkan sendiri dirinya, udara lebih bersih karena berkurangnya polusi salah satu hikmahnya.

Setiap kita memiliki peran yang besar untuk dapat memutus mata rantai penyebaran COVID 19. Mari bersama-sama kita perangi COVID 19 dengan menjaga kesehatan diri juga keluarga, menjalankan social distancing dan mengikuti himbauan atau arahan dari pemerintah. Jika serentak dilakukan maka kita bisa menyelamatkan lebih banyak orang dan memperlambat penyebaran COVID 19 ini, hingga akhirnya bisa menghilang.

Semoga seluruh keluarga besar YPT Group selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa, dijauhkan dari segala penyakit-penyakit yang membahayakan diri  dan keluarga. Bersama kita bisa lawan COVID 19 untuk Indonesia yang aman sejahtera. Amin.

 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dwi S. Purnomo 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top