YPT Menuju Tahun Digital

Diunggah pada 31 Agustus 2018, pukul 17:06

Assalamualaikum Wr Wb 

Salam Sejahtera Bagi Kita Semua 


Saat ini dunia tengah memasuki masa revolusi industri 4.0,  sebuah fase dimana teknologi  ICT menjadi kunci dari segala aktifitas kehidupan. PemerintahIndonesia merespon dengan cepat melalui Making Indonesia 4.0 sebagai road map untuk mencapai strategi menghadapi revolusi industri 4.0.

Dampaknya yang sangat luas menyebabkan perubahan yang begitu cepat, menuntut siapa saja untuk bersiap. Lalu bagaimanakah dengan kita? Apakah sudah siap dengan perubahan tersebut. Yayasan Pendidikan Telkom sebagai penyedia jasa layanan pendidikan telah mempersiapkan strategi jitu untuk menghadapinya.

Merespon segala perubahan yang ada, maka YPT mencanangkan tahun 2018-2020 sebagai Tahun Digital. Tahun Digital menjadi babak baru bagi Yayasan Pendidikan Telkom (YPT), setelah kualitas seluruh lembaga di bawah YPT telah baik dan lembaga tumbuh sesuai dengan planning maka saat ini YPT merespon perubahan yang sudah di depan mata.

Sebetulnya, digitalisasi telah menjadi perhatian Yayasan sejak beberapa tahun belakangan, namun saat ini semakin dikuatkan sebagai respon dari Revolusi Industri 4.0. Yayasan secara khusus memiliki Direktorat yang menangani IT, tidak hanya di kantor pusat tapi menangani kebijakan IT untuk seluruh YPT Group. Mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi.

Yayasan memiliki satu semangat terkait transformasi digital (digital transformation) yang diimplementasikan di sekolah dan kampus yang berada dalam naungan YPT. Digital transformation menjadi sebuah program dalam mewujudkan visi YPT untuk menjadi yayasan pendidikan yang bermutu dan berstandar internasional.

Dengan mengarahkan seluruh lemdikdasmen mulai dari PAUD/TK, SD, SMP dan SMA/SMK menjadi DigiSchool dan seluruh lemdikti menjadi DigiCampus yang kompeten dan memberikan keunggulan kompetitif bagi seluruh sivitas akademik.

Konsep DigiSchool dan DigiCampus digelar dengan penyiapan infrastruktur berupa jaringan di dalam kampus dan antarkampus yang terintegrasi, yang disebut sebagai integrated manageable simplistic campus network, serta data center untuk menjalankan seluruh layanan sistem informasi yang digunakan.

Di atas infrastruktur tersebut, terus dikembangkan dan diimplementasikan secara bertahap menuju tiga poin Digi yang meliputi Smart Apps & Information System, Smart Building dan Smart Learning.

Program DigiSchool dan DigiCampus telah mulai dijalankan, hal ini merupakan bentuk kesiapan Yayasan menyongsong masa depan di dunia digital. Melalui DigiSchool dan DigiCampus, YPT turut meningkatkan kompetensi sumber daya manusia,  yang diperkuat dengan konsep link and match antaradunia  pendidikan dengan industri,  sehingga dapat membangun langkah strategis bagi Indonesia untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Yayasan melalui lembaga yang berada di bawah naungannya memiliki peran yang besar, khususnya dalam menyediakan atau menghasilkan tenaga ahli di bidang ICT. Degan jumlah lembaga pendidikan yang besar serta kualitas yang terstandar maka kita dapat menjadi penghasil sumber daya manusia yang unggul, memiliki kompetensi tinggi yang akan mengisi berbagai industri ICT.

Denga segala bentuk persiapan yang telah dilakukan, diharapkan Yayasan menjadi leader seperti cita-cita Yayasan untuk menjadi The Leader of ICT Education Provider di Indonesia. Mari kita sukseskan bersama, mari kita membawa Yayasan ini pada kejayaannya yang lebih tinggi lagi.

 

Wassalamaualaikum

Dwi S. Purnomo


 
 

© 2018, Yayasan Pendidikan Telkom, karya dan hak cipta dilindungi undang-undang.