YPT Kembangkan Perguruan Tinggi Baru Setelah 16 Tahun

Diunggah pada 27 Februari 2018, pukul 16:52


Assalamualaikum Wr Wb

Salam Sejahtera Bagi Kita Semua


Tahun ini akan lahir anggota baru di keluarga besar Yayasan Pendidikan Telkom (YPT). Menanti kelahiran anggota keluarga baru tentunya menjadi momen yang luar biasa. Terlebih kehadiran jabang bayi ini sangat spesial karena lahir setelah 16 tahun berhentinya pengembangan lembaga pendidikan tinggi di YPT.

Terhitung sejak Lembaga Pendidikan Tinggi terakhir yang didirikan oleh YPT yaitu Institut Teknologi Telkom Purwokerto pada 31 Mei 2002 dan Akatel Jakarta pada 13 Mei 2002. Dalam kurun waktu 16 tahun, YPT mengembangkan lembaga yang ada dan baru tahun ini mengembangkan lembaga baru yaitu Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS).

Alhamdulillah, berkat dukungan seluruh pihak proses pendirian ITTS dapat berjalan dengan lancar hingga sejauh ini. Pendirian ITTS pun mendapatkan sambutan baik, salah satunya datang dari Kopertis Wilayah VII Jawa Timur, yang mengapresiasi YPT karena mengembangkan pendidikan di wilayah timur, selama ini pendidikan tinggi hanya terpusat di wilayah barat.

Hal ini didukung dengan munculnya rekomendasi dari Kopertis Wilayah VII Jawa Timur setelah visitasi yang dilakukan ke lokasi yang akan menjadi kampus IT Telkom Surabaya di Jalan Gayungan PTT No.17-19 Surabaya beberapa waktu lalu.

Dosen menjadi salah satu faktor penting dalam pendirian perguruan tinggi, kami memastikan para pendidik di ITTS adalah orang-orang pilihan, mereka adalah yang terbaik. Untuk menyamakan langkah, maka para calon dosen ini mengikuti on the job training yang berlangsung selama satu bulan di kampus Telkom University.

Proses selanjutnya yang akan dihadapi adalah visitasi dari Kemeristek Dikti, tahap ini sangat penting karena menentukan nasib ITTS ke depan. Mohon doanya agar dalam tahap ini diberikan kelancaran, amin.

Sebenarnya, rencana pengembangan pendidikan tinggi  di wilayah timur telah ada sejak masa Bapak Cacuk Sudarijanto, dimana Bapak Transformasi Telkom ini akan mengembangakan Sekolah Tinggi Teknik di Kota Malang. Sayangnya hal itu belum dapat terlaksana. Saat ini, cita-cita tersebut diwujudkan dengan  tidak hanya mendirikan Sekolah Tinggi, tetapi langsung menjadi Institut.

Kehadiran ITTS akan memberi warna baru di dunia pendidikan tinggi di Indonesia, dengan kekhasan tersendiri melalui pengembangan tiga sektor utama yaitu transportasi, logistik dan maritim. ITTS akan membuka 7 Program Studi (Prodi) yaitu Prodi S1 Teknik Telekomunikasi, Podi S1 Teknik Elektro, dan Prodi S1 Teknik Komputer, Prodi  S1 Teknik Industri, Prodi S1 Sistem Informasi, Prodi S1 Teknologi Informasi, Prodi S1 Rekayasa Perangkat Lunak.

ITTS berkomitmen untuk dapat memberikan kontribusi nyata dalam menghasilkan generasi unggul. Selain itu keberadaannya diharapkan mampu meningkatkan kontribusi pendidikan dan memperluas kesempatan belajar di tingkat pendidikan tinggi.

Sejalan dengan misi PT. Telkom hadir untuk negeri, YPT pun menyebarluaskan pendidikan berbasis ICT terbaik bagi masyarakat di seluruh wilayah Indonesia. Melalui program Telkom University National Campus (TUNC), Yayasan menyebarluaskan pendidikan tinggi bidang ICT ke berbagai wilayah di Indonesia, yaitu Medan, Makassar, Purwokerto, Surabaya dan Jakarta.

Untuk itulah, diharapkan setelah kelahiran ITTS, dalam waktu yang tidak lama lagi akan lahir kembali lembaga pendidikan tinggi YPT di kota lain, sesuai dengan program TUNC yang telah dicanangkan Yayasan. Sehingga semakin luas masyarakat yang dapat dijangkau oleh layanan pendidikan ICT di bawah naungan YPT.

Semua ini dilakukan semata hanya untuk mencerdaskan anak bangsa melalui lembaga pendidikan yang dinaungi oleh YPT. Sebagai sumbangsih dalam membangun negeri melalui pembangunan sumber daya manusia. Mohon support dari seluruh pihak agar ITTS dapat menjadi yang terbaik di wilayah timur. Mari kita sambut keluarga baru kita ini dengan suka cita.

 

Wassalamualaikum Wr Wb,

Dwi S. Purnomo

 
 
 

© 2018, Yayasan Pendidikan Telkom, karya dan hak cipta dilindungi undang-undang.