YPT Bertransformasi Menuju Era Digital (New SOTK)

Diunggah pada 08 Januari 2018, pukul 16:20

Assalamualaikum Wr Wb,
Salam Sejahtera Bagi Kita Semua


Hanya dengan memainkan jari jemari pada layar gadget, kita dapat melakukan banyak hal, bekerja, belajar, berbelanja ataupun seluruh aktifitas yang kita kehendaki. Saat ini apa yang tak dapat kita lakukan sebuah gadget,  teknologi telah mengguncangkan dunia.

Perkembangan teknologi yang begitu pesat telah mengantarkan kita menuju era digital. Dimana segala aktifitas kehidupan bersentuhan dengan teknologi canggih. Hal ini menjadi berkah bagi banyak orang karena mendatangkan berbagai peluang baru, namun tidak sedikit juga yang mengalami bencana karenanya.

Fenomena ini terjadi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Berdasarkan Digital Evolution Index 2017, Indonesia masuk dalam negara berkategori break out, yaitu tingkat kemajuan digital rendah dengan tingkat pertumbuhan inovasi cepat. Sehingga perlu didorong berbagai inovasi untuk naik kelas menjadi negara stand out, yaitu tingkat kemajuan digital tinggi dan tingkat pertumbuhan inovasi cepat. Beberapa negara yang masuk dalam kategori stand out antara lain New Zealand dan Singapura.

Inilah masa dimana kita hanya memiliki dua pilihan, yaitu mengikuti perubahan tersebut, atau tergilas karena tak mau berubah. Tentu saja kita akan memilih untuk tetap berdiri dengan segala keunggulan di tengah arus perubahan.

Era digital membawa dampak yang dahsyat di berbagai sektor, baik di bidang ekonomi, kesehatan termasuk dunia pendidikan. Terjadi perubahan besar yang merubah sendi-sendi kehidupan manusia, muncul peluang dan juga ancaman yang mengintai.

Sebagai penyelenggara layanan pendidikan berbasis ICT, Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) harus mampu menjawab tantangan di masa depan. Untuk itu, YPT harus bertransformasi untuk menghadapi era digital.

Bagaimana lembaga pendidikan dan non pendidikan di bawah naungan YPT  tidak hanya mampu tetap berdiri kokoh, tetapi berada di garda depan.  Lembaga pendidikannya tampil cemerlang  sebagai pusat pendidikan ICT, sebagai referensi layanan pendidikan ICT di masa depan. Begitu juga dengan lembaga yang lain dapat terus memberikan kontribusi positifnya.
 
Segala persiapan menghadapi era digital dimulai sejak saat ini, untuk itu, tahun 2018 ini YPT didukung dengan kekuatan baru, pada SOTK baru tahun 2018 YPT memperkuat bidang ICT dengan hadirnya Direktorat Digital Transformation, Synergy & Performance (DTSP), yang sebelumnya Direktorat Development, Performance & Management (DPM).

Dengan keberadaan Direktorat DTSP arah kebijakan IT di YPT menjadi lebih fokus, sehingga dapat menjadi amunisi bagi Yayasan untuk menghadapi era digital. Kebijakan bidang IT seluruh YPT berpusat pada Direktorat ini, selain itu memastikan seluruh lembaga di YPT telah tersentuh oleh digitalisai dalam setiap proses bisnisnya. Sehingga gaung transformasi ini tak hanya terasa di pusat tapi diseluruh lembaga.

Direktorat DTSP pun memastikan operasional layanan teknologi informasi, riset dan pengembangan teknologi informasi dan sitem informasi, dilakukan secara tepat dan dijalankan berdasarkan information technology service management yang baik, sehingga benar-benar bermafaat dan menjadi nilai tambah bagi lembaga.

Kekuatan baru ini diharapkan dapat mengantarkan YPT dengan mulus untuk menghadapi era digital. Mari kita hadapi, mari kita menangkan persaingan di masa depan.
 
Assalamualaikum Wr Wb,
Dwi S. Purnomo
 
 
 
 
 

 
 
 

© 2018, Yayasan Pendidikan Telkom, karya dan hak cipta dilindungi undang-undang.