Yayasan Pendidikan Telkom Siap Hadirkan Institut Teknologi Telkom Surabaya

Diunggah pada 31 Januari 2018, pukul 08:38



Yayasan Pendidikan Telkom (YPT)  hadir untuk mencerdaskan bangsa melalui lembaga pendidikan yang dimilikinya. Sejalan dengan misi PT. Telkom hadir untuk negeri, YPT pun menyebarluaskan pendidikan berbasis ICT terbaik  bagi masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.


Komitmen ini diwujudkan dalam program Telkom University National Campus (TUNC), dimana YPT mengembangkan lembaga pendidikan tinggi di berbagai daerah di Indonesia. Saat ini di bawah naungan YPT telah berdiri tiga perguruan tinggi yaitu Telkom University di Bandung, IT Telkom Purwokerto dan Akatel Jakarta.


Tidak lama lagi, akan hadir Perguruan Tinggi milik YPT di Surabaya yaitu Institut Teknologi (IT) Telkom Surabaya. Dipilihnya Surabaya sebagai lokasi pengembangan Lembaga Pendidikan Tinggi YPT dikarenakan beberapa hal. Surabaya merupakan salah satu pusat pendidikan, selain itu juga menjadi pusat ekonomi dan pengembangan industri, maritim dan logistik untuk Kawasan Indonesia Timur.


Pada Senin (29/01) telah dilaksanakan sosialisasi pendirian IT Telkom Surabaya bertempat di Aula Telkom Regional V Jawa Jl. Ketintang No.155, Surabaya. Sebelumnya, pada Jum’at (26/01) telah dilaksanakan visitasi oleh Kopertis Wilayah VII Jawa Timur ke lokasi yang akan menjadi kampus IT Telkom Surabaya di Jalan Gayungan PTT No.17-19 Surabaya.


Ketua Yayasan Pendidikan Telkom Dwi S. Purnomo berharap kehadiran IT Telkom Surabaya berkontribusi pada pengembangan pendidikan di wilayah Jawa Timur khususnya dan umumnya di Indonesia.


“Kami berharap IT Telkom Surabaya akan memberi warna baru di dunia pendidikan tinggi di Indonesia, dan memberikan kontribusi nyata untuk menghasilkan generasi unggul. Selain itu juga menjadi pilihan baru masyarakat yang menginginkan pendidikan berkualitas terbaik,”ucapnya.


Dalam penyelenggaraannya, IT Telkom Surabaya memiliki kekhasan tersendiri, dengan pengembangan tiga sektor utama yaitu transportasi, logistik dan maritim. IT Telkom Surabaya akan membuka 7 Prodi yaitu Prodi S1 Teknik Telekomunikasi, Podi S1 Teknik Elektro, dan Prodi S1 Teknik Komputer, Prodi  S1 Teknik Industri, Prodi S1 Sistem Informasi, Prodi S1 Teknologi Informasi, Prodi S1 Rekayasa Perangkat Lunak.


“Keberadaan IT Telkom Surabaya diharapkan mampu meningkatkan kontribusi pendidikan dan memperluas kesempatan belajar di tingkat pendidikan tinggi. Selain itu berperan dalam mewujudkan target pemerintah dalam peningkatan angka partisipasi kasar pendidikan tinggi,”ungkap Ketua YPT.


Pendidikan adalah hak setiap anak bangsa, untuk itu YPT membuka kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat untuk mengenyam pendidikan di IT Telkom Surabaya. Tersedia berbagai jenis beasiswa, baik itu prestasi ataupun beasiswa tidak mampu, bahkan terdapat kebijakan kuota khusus untuk lulusan SMA/SMK/MA sederajat, untuk Kawasan Timur Indonesia khususnya wilayah Sulawesi, Maluku, dan Papua.


Hal ini sejalan dengan Nawacita Pemerintahan Presiden Jokowi untuk membangun daerah terdepan, tertinggal dan terluar Indonesia, melalui pemerataan layanan pendidikan. Sehingga keberadaan perguruan tinggi dapat berkontribusi dalam membantu pemerintah meningkatkan kompetensi dan daya saing sumber daya manusia Indonesia.


“Semoga IT Telkom Surabaya dapat memberikan manfaat seluas-luasnya dan dapat mendorong lahirnya sumber daya manusia yang unggul untuk kemajuan bangsa,”pungasknya. (Purel YPT/DHE)



 
 

© 2018, Yayasan Pendidikan Telkom, karya dan hak cipta dilindungi undang-undang.