Wow! Ternyata inilah 5 Cara Ampuh Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak TK

Diunggah pada 26 April 2017, pukul 11:32

Siapa sih yang tidak bangga meiliki anak yang percaya diri? Anak yang percaya diri akan menjadi bekal utama untuk masa depan yang baik. Anak yang percaya diri otomatis memiliki rasa berani dan mandiri.  Rasa percaya diri ini bisa dipicu dengan berbagai hall ho! Nah…Ayah dan Bunda mau tau dong gimana cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak? berikut adalah 5 cara Ampuh menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak :

1. Mengapresiasi Anak
Untuk anak usia balita, sudah banyak sekali yang bisa ia lakukan, misalnya saja dia mulai bisa bernyanyi, bercerita, menggambar, mewarnai dan sebagainya. Tugas kita sebagai orang tua adalah mendukung setiap hal positif yang anak lakukan. Anak sangat suka sekali dengan pujian, maka dari itu kita harus selalu mengapresiasi apapun yang anak lakukan misalnya dengan memberikan ciuman, tepuk tangan, atau makanan yang anak sukai. Ini sangat penting untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak, karena ketika kita memuji atau mengapresiasi anak, anak akan semakin ingin melakukan banyak hal dan bereksplorasi dengan imajinasi dan kreatifitasnya.

2. Meluangkan Waktu Bermain Bersama Anak
Sesibuk apapun kita sebagai orang tua, luangkanlah waktu sejenak untuk menemani anak kita bermain. Banyak penelitian menyatakan bahwa anak yang sering berinteraksi dengan orang tua akan menjadikan anak tersebut menjadi anak yang lebih percaya diri karena anak merasa diterima oleh orang terdekatnya. Komunikasi yang baik dengan orang-orang terdekat anak bisa menumbuhkan rasa percaya diri anak untuk berinteraksi dengan orang lain.

3. Melakukan pekerjaannya sendiri
Terkadang, sebagai orang tua kita tidak ingin melihat anak kita kesulitan maka kita akan segera turun tangan utnuk membantu mereka. Contoh misalnya, mainan anak jatuh ke bawah kursi kita tidak boleh mengambilkan mainan tersebut begitu saja, tapi arahkan dan ajarkan anak untuk mengambilnya sendiri dengan kata-kata menyemangati misalnya “Bunda tau, pasti Kakak bisa lho ambil mainannya sendiri, kan Kakak mandiri!” dengan begitu anak akan semakin mandiri dan percaya diri. Dukung anak agar bisa melakukan pekerjaannya sendiri seperti memakai baju sendiri, mengkancingkan baju, mengikat tali sepatu, membereskan mainan yang berceceran, dsb. 

4. Mengajak anak membantu pekerjaan rumah
Ajak anak membantu pekerjaan rumah seperti misalnya Adik ikut membuang sampah bersama Ayah atau Kakak ikuut merapihkan baju yang sudah disetrika ke dalam lemari, atau hal-hal sederhana lain yang bisa dilakukan oleh anak. hal ini bisa membuat anak merasa ikut berperan penting dalam keluarga dan merasa dihargai juga diberikan kepercayaan yang akan menumbuhkan rasa percaya dirinya.


5. Mengajak anak berinteraksi dengan orang-orang sekitar
Nah, ini adalah point yang paling penting, mengajak anak berinteraksi dengan orang – orang sekitar. Misalnya, ajak anak berkunjung ke sanak keluarga, ke tetangga atau bermain dengan teman sebayanya. Berinteraksi dengan orang-orang sekitar ini sangat penting agar anak di usia TK tidak takut ketika bertemu dengan orang lain atau berada dikerumunan orang banyak. Mungkin Bunda bisa mengajaknya ikut pengajian, arisan, ataupun berkumpul dengan sanak keluarga. 

TK Telkom adalah sekolah yang berfokus untuk mengembangkan seluruh aspek, bakat dan kreatifitas anak agar anak berani tampil di depan umum dan menjadi lebih PERCAYA DIRI.
 
 

© 2018, Yayasan Pendidikan Telkom, karya dan hak cipta dilindungi undang-undang.