Tari Empat Etnik SMK Telkom Makassar

Diunggah pada 16 Agustus 2017, pukul 09:00


Irama pakanjara atau gendang dengan ketukan bertalu-talu khas Makassar menjadi pembuka Tarian Empat Etnis. Satu persatu para penari memasuki ruangan dan menari sesuai irama lagu yang dimainkan para pemain musik.


Tarian Empat Etnis adalah tarian yang mewakili empat etnis besar di Sulawesi Selatan dan Sulawesi barat yaitu Etnis Bugis, Makassar, Mandar, dan Toraja. Tarian ini adalah tarian perpaduan antara lagu daerah, gerakan tari dan pakaian adat masing-masing etnis besar ini.


Tarian yang dibawakan oleh para siswa SMK Telkom Makassar ini berhasil memukau para penonton yang merupakan para pimpinan lembaga pendidikan dan non pendidikan Yayasan Pendidikan Telkom. Tari Empat Etnis menjadi pembuka salah satu  sesi acara dalam kegiatan RAPIM1 2017 YPT Group yang digelar di Makassar beberapa waktu lalu.


Di SMK Telkom Makassar para siswa belajar kesenian daerah melalui sanggar seni sekolah. Tak hanya menghasilkan para siswa yang piawai menari atau memainkan alat musik tradisional. Sanggar seni ini juga telah menelurkan berbagai prestasi bergengsi di bidang seni. Salah satunya adalah menjadi Juara 2 tingkat Provinsi untuk kategori Tari Tumanurung.


Selain mengembangkan bakat para siswa, belajar kesenian tradisional khas daerah juga memupuk kecintaan siswa akan kesenian asli daerahnya. Sehingga kesenian daerah akan tetap lestari dan tidak ditinggalkan oleh generasi saat ini. Sukses selalu untuk SMK Telkom Makassar. (Purel YPT/SMK Telkom Makassar/http://tarikarawitan.org/tari-empat-etnik/)


 
 

© 2017, Yayasan Pendidikan Telkom, karya dan hak cipta dilindungi undang-undang.