ST3 Telkom Kembangkan Alat Pemberi Pakan Ikan Tawar Otomatis

Diunggah pada 20 Juli 2017, pukul 08:46


Teknologi makin maju, manusia kian dimudahkan dengan mesin atau robot dalam melakukan kegiatannya sehari-hari. Termasuk dalam hal ini pemberian pakan  ikan, bagi para pemilik tambak atau kolam air tawar yang selama ini dilakukan dengan cara manual, maka bisa dioperasioan secara otomatis dengan menggunakan alat teknologi. Sehingga apabila pemilik sedang ada kegiatan diluar tidak perlu merasa khawatir ikannya tidak diberi makan sesuai jadwal. Sehingga tetap aman dan terkendali.

Atas dasar itulah melalui pengamatan yang dilakukan maka Sekolah Tinggi Teknologi Telematika (ST3) Telkom Purwokerto baru-baru ini tengah mengembangkan alat pemberi pakan ikan tawar otomatis berbasis arduino uno dengan report sms oleh Dwi Rahmadana Febrianor, mahasiswa Diploma III Teknik Telekomunikasi.

 

Cara Kerja

Rancang bangun ini berbasis arduino uno dengan report sms dimana kendali microcontroller yang digunakan adalah arduino uno yang difungsikan mengendalikan RTC DS1307 (real Time Clock) untuk pengendali waktu yang ditetapkan untuk pemberian pakan ikan sehari tiga kali (Pagi, siang, sore/malam). RTC DS1307 (real Time Clock) untuk memberikan input ke arduino pada saat waktu yang ditentukan dengan penggerak tempat pakannya menggunakan motor servo yang membuka dan menutup katup pada corong plastik selama dua detik, output dari sistem ini berupa GSM SIM900A.

 

Eksperiman dengan perancangan secara langsung menggunakan hardware maupun software telah dilakukan dan berhasil yaitu dengan pengiriman notifikasi sms terkirim kepada pemilik tambak ikan. Alat ini mudah dan sederhana sehingga mudah diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Diharapkan kedepannya alat ini dapat lebih dikembangkan untuk memudahkan para petani ikan air tawar, dan semoga pula dapat dipatenkan,” Ujar Dwi.(Ikoh/ST3 Telkom Purwokerto)

 

 

 

 
 

© 2017, Yayasan Pendidikan Telkom, karya dan hak cipta dilindungi undang-undang.