SMP Telkom Bandung Meraih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional 2016

Diunggah pada 26 Januari 2017, pukul 08:55

SMP Telkom Bandung meraih penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional dari Kementrian Lingkungan Hidup RI. Penyerahan anugerah bergengsi ini dilaksanakan pada Selasa (13/12) di Auditorium Manggala Wanabhakti Jakarta. Tak mudah untuk mendapatkan penghargaan ini, pasalnya SMP Telkom Bandung harus bersaing dengan ratusan sekolah di seluruh Indonesia.

Seleksi awal diikuti oleh 880 sekolah dari berbagai jenjang mulai SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK baik negeri maupun swasta dari 31 provinsi. Setelah dilakukan seleki Administrasi (Fortopolio) ada 566 sekolah yang lolos ke tahap selanjutnya. Tahap akhir adalah penilaian lapangan (visitasi) yang lolos sebanyak 489 sekolah terdiri dari : SD/MI = 182, SMP/MTs = 182, SMA/MA = 98, dan SMK = 27.

Program Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif.

Sejak 2013, SMP Telkom Bandung mampu mempertahankan prestasinya di bidang lingkungan. Tahun 2013 SMP Telkom Bandung meraih penghargaan dari Bupati Kab Bandung dengan nama penghargaan “Sekolah berbudaya Lingkungan Kab. Bandung”. Selanjutnya pada tahun 2014 meraih penghargaan sekolah Berbudaya Lingkungan dari Gubernur Provinsi Jawa Barat dengan nama penghargaan “Raksa Prasada”. Dan pada akhir tahun 2016 tepatnya hari Selasa, 13 Desember 2016 di gedung Manggala Wanabhakti mendapat penghargaan dari Kementrian Lingkungan Hidup dengan nama penghargaan “Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional”.

“Alhamdulilah, berkat kerjasama dan dukungan dari para siswa, guru dan seluruh pegawai dalam menata lingkungan hidup SMP Telkom Bandung dapat meraih prestasi ini. Hal ini pun sebagai satu impelentasi program Yayasan Pendidikan Telkom yaitu sehat dan selamat,”ungkap Kepala SMP Telkom Bandung Alit Munawar Kholil. (SMP Telkom Bandung/YPT)

 
 

© 2017, Yayasan Pendidikan Telkom, karya dan hak cipta dilindungi undang-undang.