Sharing Session Bersama EGM Divisi Digital Service PT. Telkom

Diunggah pada 20 November 2017, pukul 17:10

Direktorat Primary&Secondary Education (DPSE) menggelar kegiatan Sharing Session di Aula SMK Telkom Bandung pada Jum’at (17/11). Kegiatan  ini menghadirkan pembicara Executive General Manager Divisi Digital Service PT. Telkom Arief Musta’in.


Era digital membawa pengaruh yang signifikan di berbagai sektor, termasuk pendidikan. Lembaga pendidikan dituntut untuk dapat mengikuti perubahan yang ada. Namun seberapa siapkah lembaga pendidikan menyikapi era digital ini?.


Sekolah bukan lagi tempatnya bagi guru untuk mencekoki murid dengan berbagai materi pelajaran. Tapi di era saat ini, dimana guru menghadapi generasi milenial yang haus akan ilmu pengetahuan seharusnya merubah metode-metode pembelajaran, sehingga kegiatan belajar mengajar tidak kaku dan menyenangkan.


Arief Musta’in mengatakan terdapat hukum yang berlaku di dunia digital, yang pertama apa yang kita ketahui selama ini belum tentu relevan dengan kondisi saat ini, terlebih  dunia digital mengalami perkembangan yang sangat pesat.


“Guru bukan lagi hanya mencekoki murid, menjadi yang paling tahu, tapi bagaimana caranya agar murid nyaman untuk konsultasi. Murid diberi kepercayaan untuk memecahkan masalahnya sendiri,”ujarnya.


Hukum di dunia digital yang kedua kata Arief yaitu eksperimental, mengubah metode pendidikan. Bagaimana mampu menerapkan metode pembelajaran design thinking. Sehingga sekolah punya keunikan, kekhasan yang beda dengan sekolah lain.


“Sekolah  seperti ini tentunya akan diincar oleh perusahaan yang bergerak di industri digital. Karena memang sumber daya seperti inilah yang tengah dibutuhkan,”jelasnya.


Menurut Arief lembaga pendidikan YPT harus dapat memprediksi tantangan ke depan dan dapat menyusun langkah yang bisa dilakukan untuk memenangkan persaingan di luar, sehingga lembaga pendidikan bisa tetap berkibar.


Selanjutnya acara diisi juga oleh tim Amoeba DDS yaitu Arkademy. Dalam event ini dijelaskan apa itu Internet of Things (IoT), manfaat IoT dan solusi Arkademy untuk pembelajaran IoT.


Arkademy adalah platform belajar Internet of Things (IoT) yang mempunyai misi bersama guru, untuk mentranformasi pelajar SMK dan dan mahasiswa agar menjadi ahli IoT di masa depan. Tujuan Arkademy adalah mempersiapkan guru dan murid yang akan memiliki skill digital berstandar Internasional sehingga membuat lulusan SMK bisa bekerja di berbagai bidang terutama industri teknologi/ startup digital. (Purel YPT/DPSE)


 
 

© 2017, Yayasan Pendidikan Telkom, karya dan hak cipta dilindungi undang-undang.