Persiapan Pembangunan SMK Telkom Sidoarjo Resmi Dimulai

Diunggah pada 30 Januari 2018, pukul 10:34




Persiapan pembangunan SMK Telkom Sidoarjo resmi dimulai, hal ini ditandai dengan peletakan batu pertama yang dilakukan oleh Ketua Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) Dwi S. Purnomo pada Jum’at (26/01) di Jl. Raya Pecantingan, Sekar Dangan, Sidoarjo. SMK Telkom Sidoarjo melengkapi lembaga pendidikan yang dimiliki oleh Yayasan Pendidikan Telkom yang terdiri dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA,SMK dan beberapa perguruan tinggi yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Sebanyak 18 ruang kelas direncanakan akan dibangun di atas lahan seluas lebih dari 8.000m2. SMK Telkom Sidoarjo dilengkapi dengan fasilitas laboratorium, perpustakaan, ruang guru, ruang administrasi dan sarana ibadah.

Pembangunan SMK Telkom Sidoarjo direncanakan selesai pada enam bulan mendatang, sehingga pada tahun ajaran baru 2018/2019 dapat memulai penerimaan siswa baru. Untuk tahap awal, SMK Telkom Sidoarjo membuka dua jurusan  yaitu Teknik Telekomunikasi.

Ketua Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) Dwi S. Purnomo mengatakan keberadaan SMK Telkom Sidoarjo diharapkan dapat berkontribusi dalam pengembangan pendidikan vokasi di Jawa Timur, khususnya Kota Sidoarjo sebagai penyangga industri di area Surabaya.

Hal ini juga sesuai dengan Program Nawacita Pemerintahan Jokowi-JK, untuk meningkatkan daya saing bangsa, dimana Presiden RI memberikan perhatian yang besar pada dunia pendidikan vokasi khususnya SMK.


Untuk mendukung hal tersebut, pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019  Kemendikbud menuangkannya dalam bentuk target proporsi jumlah SMK : SMA yaitu 60% : 40% pada tahun 2019. Pemerintah Provinsi Jawa Timur bahkan menargetkan lebih tinggi proporsi SMK/SMA dari nasional dengan proporsi SMK : SMA yaitu 70% : 30%.


“Untuk itu pendirian SMK Telkom di Sidoarjo menjadi kontribusi YPT dalam mensukseskan Program Nawacita Pemerintahan Jokowi-JK dan program Pemerintahan Provinsi Jawa Timur dalam bidang pendidikan vokasi,”ungkapnya.


SMK Telkom Sidoarjo diharapkan menjadi garda terdepan dalam menghasilkan tenaga ahli di bidang telekomunikasi, sehingga dapat mengisi kebutuhan industri IT yang saat ini tengah berkembang.


Dalam penyelenggaraan pendidikan, YPT bekerjasama dengan Telkom Group, baik dalam kegiatan belajar mengajar, penyediaan sarana dan prasarana, kuriulum link&match dengan industri, penyerapan lulusan, peningkatan kompetensi siswa dan guru melalui pelatihan &sharing knowledge.


“YPT berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan, sehingga mampu mencetak lulusan terbaik, berkomptensi tinggi yang siap diserap bahkan ditunggu-tunggu oleh industri,”jelasnya.


Ketua YPT pun berharap proses pembangunan SMK Telkom Sidoarjo dapat berjalan sesuai yang telah ditargetkan. Tidak lupa memohon doa dari seluruh masyarakat agar SMK Telkom Sidoarjo segera berdiri.


“Mohon doanya pada seluruh masyarakat Jawa Timur khususnya Sidoarjo, agar proses pembangunan SMK Telkom Sidoarjo dapat berjalan dengan lancar. Sehingga keberadaan sekolah ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas,”pungkasnya. (Purel/YPT)

 
 
 

© 2018, Yayasan Pendidikan Telkom, karya dan hak cipta dilindungi undang-undang.