Penyuluhan Internet Sehat Bagi Anak Oleh Tim PKM “Peluru Riset” Telkom University

Diunggah pada 10 Agustus 2018, pukul 16:20



Tim PKM-M program kreativitas mahasiswa bidang masyarakat dengan nama Peluru Riset (Penyuluhan dan Praktek Penggunaan Internet Sehat) mengadakan sebuah kegiatan penyuluhan dan praktek kepada anak-anak di MDT Al-Fatih, Desa Sipatahunan, Baleendah, Kabupaten Bandung.

 

Tim ini beranggotakan lima orang : Satrio Priambodo  (FTE) 2015; Putri Puspita M (FTE) 2016; Ayu Aryasti P D (FTE) 2015; Tiffany Wuryaningtyas (FTE) 2015; M Prasetyo Notonegoro (FTE) 2015 yang di bina langsung oleh Ir  Akhmad Hambali M.T.

 

Kegiatan ini bertujuan untuk membekali anak-anak dibawah umur sehingga mampu menggunakan internet secara benar agar dapat membantu mendorong pembelajaran dan pengembangan kreativitas saat di praktekkan dalam kehidupan sehari-hari, kegiatan ini berlangsung pada 11-13 Juli 2018.

 

Beberapa kegiatan yang dilakukan seperti pembuatan akun E-mail, pembelajaran dan praktek bahasa Inggris menggunakan aplikasi Duolingo, belajar latihan soal Sains dan Matematika yang dilanjutkan dengan games cerdas cermat melalui aplikasi Anak Cerdas, pembuatan mading dan pohon mimpi untuk mendorong kreativitas anak.

 

Selain kegiatan untuk anak, tim Peluru Riset juga menyasar para orang tua anak untuk mengikuti seminar dengan tema Bagaimana Mengontrol Anak Menggunakan Internet Sehat, beserta pembagian majalah CUMI (Cara Unik Memakai Internet). Pada akhir acara, orang tua dan anak diminta untuk menghias makanan yang tujuannya membangun hubungan baik dan kerjasama antara anak dan orang tua. Kedekatan seperti itu membuat orang tua bisa lebih memahami anak, pun sebaliknya. Terutama dalam pengawasan penggunaan internet.

 

Salah satu pengajar, Ai mengatakan sejak dibangunnya madrasah MDT Al-Fatih anak-anak jadi punya kegiatan positif. Seperti kegiatan belajar mengajar di pagi hari dan mengaji pada sore harinya. Hanya saja, Ai takut kegiatan positif tersebut luntur sejak anak mengenal internet. “Saya berterimakasih, kehadiran rekan-rekan dari Telkom University untuk memberikan pembekalan bagi anak-anak untuk bijak berinternet sangat memberikan dampak positif bagi anak-anak. (Purel/Tel-U)

 
 

© 2018, Yayasan Pendidikan Telkom, karya dan hak cipta dilindungi undang-undang.