Penyesuaian Sistem Manajemen Mutu YPT Menuju ISO 9001:2015

Diunggah pada 20 Februari 2018, pukul 16:53


Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) tengah membenai sistem manajemen mutu yang semula menggunakan standar ISO 9001:2008 beralih ke ISO 9001:2015. Untuk melakukan penyesuaian tersebut, YPT menggunakan bantuan jasa konsultan. Penyesuaian ini dilakukan, dikarenakan tahun ini YPT akan melakukan sertifikasi ISO 9001:2015.

ISO 9001:2015 ini mengacu pada pendekatan risk based  thinking, sedangkan yang sebelumnya mengacu pada pendekatan proses atau process approach. Ada tiga hal mendasar yang disyaratkan dalam ISO 9001:2015, yang  pertama organisasi harus mengidentifikasi konteks organisasi yang mencakup isu internal dan eksternal. Ini bisa dilakukan berdasarkan hasil analisis lingkungan, baik yang internal maupun  eksternal.

Selanjutnya Organisasi harus menetapkan kebutuhan dan harapan pihak yang berkepentingan (stakeholder), bukan hanya pelanggan tapi juga pihak-pihak lain yang berkepentingan dengan Yayasan dan Direktorat ataupun Unit.

Yang terakhir Organisasi harus melakukan identifikasi resiko yg mungkin timbul yang bersumber dari proses, konteks organisasi (isu-isu internal dan eksternal), identifikasi kebutuhan dan harapan pelanggan.

Untuk mensukseskan pencapaian implementasi dan sertifikasi ISO 9001:2015 YPT, dibutuhkan kerjasama dan dukungan dari seluruh pihak yang ada di Yayasan.

Harapannya, semoga upaya dan apa yang telah dicanangkan dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan. (Purel/FA)

 
 

© 2018, Yayasan Pendidikan Telkom, karya dan hak cipta dilindungi undang-undang.