Mahasiswa ST3 Telkom Kembangkan Jemuran Pakaian Otomatis Berbasis SMS

Diunggah pada 19 April 2017, pukul 08:59

PURWOKERTO – Kebutuhan akan teknologi yang dirasakan oleh masyarakat membuat perkembangan teknologi saat ini menjadi lebih pesat. Berdasarkan kebutuhan tersebut, berbagai teknologi sebagai alat bantu dalam keseharian masyarakat kini banyak dikembangkan.


Berangkat dari fenomena tersebut dan cuaca di Indonesia yang seringkali sulit untuk diprediksi, seorang mahasiswa ST3 Telkom Purwokerto Prodi Teknik Telekomunikasi Rifky Papermadani mengembangkan sebuah teknologi berupa alat  jemuran otomatis yang akan membuka dan menutup jemuran sesuai dengan cuaca yang terjadi saat itu. 


Cara Kerja Alat


Sistem jemuran pakaian otomatis yang dikembangkan oleh Rifky ini berbasis Arduino Uno dengan SMS sebagai report. Sensor yang digunakan dalam alat ini ada dua yaitu sensor air hujan berfungsi untuk mendeteksi datangnya hujan sehingga alat akan mengamankan jemuran tersebut ke dalam ruangan dan sensor light dependent resistor (LDR) yang berfungsi untuk mendeteksi adanya cahaya matahari, sehingga alat akan mengeluarkan jemuran dari ruangan.


? ?Alat ini masih berupa prototype. Untuk kedepannya semoga alat ini masih bisa terus dikembangkan dan disempurnakan serta dapat dipatenkan,” ujar Risa F Christianti, S.T., M.T. selaku Kabag Laboratorium ST3 Telkom.


Dengan adanya alat ini diharapkan dapat meminimalisir kekhawatiran ketika musim hujan tiba serta menjadi solusi bagi masyarakat. (Ikoh/ST3 Telkom/YPT)


 
 

© 2017, Yayasan Pendidikan Telkom, karya dan hak cipta dilindungi undang-undang.