Mahasiswa ST3 Telkom Kembangkan Alat Pengendali Lampu dan Pintu Rumah Berbasis SMS

Diunggah pada 03 April 2017, pukul 10:52

PURWOKERTO  – Adanya perubahan iklim akibat pemanasan global merupakan salah satu dampak dari pemakaian energi yang berlebihan, contoh sederhananya adalah menyalakan lampu saat tidak diperlukan. Dari sisi yang berbeda, keamanan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan terutama saat meninggalkan rumah. Kemungkinan terjadinya lupa mengunci pintu yang disebabkan oleh faktor tergesa-gesa adalah kerjadian yang sering dialami oleh banyak orang. Berdasarkan fenomena diatas serta didukung dengan perkembangan teknologi yang berkembang sangat pesat, adanya peralatan modern merupakan suatu kebutuhan yang diharapkan hadir untuk membantu kehidupan masyarakat.

Menanggapi kebutuhan tersebut, Mahasiswa D3 Teknik Telekomunikasi ST3 Telkom Purwokerto yaitu Reza Noval Kurniawan Utomo, saat ini tengah mengembangkan Alat Pengendali Lampu dan Pintu Rumah Berbasis Short Massage Service (SMS).  Alat ini merupakan suatu sistem yang terinegrasi dengan perangkat-perangkat yang dapat dikontrol oleh pemilik rumah dari jarak jauh serta bekerja secara otomatis.

Reza menjelaskan, cara kerja alat ini yaitu dengan menggunakan sistem pengendali yang dikontrol oleh Arduino yang terhubung dengan GSM Module SIM 900A yang berfungsi sebagai perangkat yang menerima dan mengirimkan pesan singkat. Pesan yang diterima oleh GSM Module SIM 900A akan dibaca oleh Arduino. Jika format pesan benar, maka Arduino dapat memberi instruksi pada perangkat untuk menyalakan atau mematikan lampu, mengunci maupun membuka pintu, serta mengetahui kondisi lampu melalui pesan masuk dengan isi “lampu on”  dan “lampu off”. Format pesan teks yang digunakan untuk memberikan intruksi adalah dengan memberi tanda tagar (#) sebelum mengetik intruksinya, contohnya adalah “#On, #Off untuk lampu dan #Open, #Close untuk pintu.

? ?Meskipun alat ini masih berupa prototype, semoga kedepanya alat ini dapat terus dikembangkan dan disempurnakan serta dipatenkan,” tutur Risa F Christianti., ST., MT selaku Kabag Laboratorium ST3 Telkom.

Dengan penggunaan alat yang sangat mudah juga perangkat pendukung yang hampir seluruh masyarakat memilikinya yaitu ponsel disertai fitur SMS, Reza berharap penemuannya ini dapat berguna dan memberikan solusi bagi masyarakat banyak. (Ikoh/ST3/YPT)

 
 

© 2018, Yayasan Pendidikan Telkom, karya dan hak cipta dilindungi undang-undang.