Luar Biasa! Inilah 12 permainan edukatif anak TK yang mampu menambah kecerdasan anak

Diunggah pada 25 April 2017, pukul 13:42

Permainan edukatif adalah permainan yang mampu merangsang dan melatih perkembangan otak anak serta menstimulasi kreatifitas berfikir anak. Permainan edukatif bukan permainan yang hanya menyenangkan untuk anak tetapi bisa mendidik dan menstimulasi otak anak. Pada dasarnya, dunia anak adalah dunia bermain. Dengan bermain mereka bisa memperoleh banyak manfaat untuk kematangan dan stimulasi otak mereka seperti stimulasi kognitif, social, emosi, serta stimulasi fisik juga spiritual. Jadi, yu mulai pilih permainan edukatif buat anak-anak kita. Tapi harus ingat ya, permainan edukatif ini juga harus disesuaikan dengan usia anak.

Ini dia 12 permainan edukatif anak TK yang mampu menambah kecerdasan anak :


1. Bermain Puzzle

Ayo Bun!!…hadiahkan anak mainan puzzle. Puzzle dipercaya bisa melatih problem solving atau pemecahan masalah karena anak dilatih untuk bisa merangkai puzzle, mencocokan bentuk dan konsentrasi. Puzzle juga bisa untuk melatih logika dan motoric halus anak. Pilihlah puzzle yang bertema tumbuhan, hewan, angka, huruf ataupun warna agar bisa sekaligus memberikan wawasan pada anak.


2. Membaca Buku Cerita

Bunda, buku juga bisa jadi pilihan untuk jadi permainan edukatif. Pilihlah buku yang menarik untuk dibacakan kepada anak. Ajak anak untuk memilih buku yang dia sukai lalu bacakan dengan intonasi dan gerakan yang seru, latih anak untuk menceritakan kembali isi buku tersebut sesuai kemampuannya. Jangan lupa juga ajak anak bermain mencari atau menyebutkan gambar di dalam buku tersebut.


3. Bermain Permainan Traditional

Wah… kalo yang ini pasti Ayah dan Bunda juga suka ya…permainan ini akan mengingatkan Ayah & Bunda pada masa kecil yang penuh dengan kreatifitas. Ayah atau bunda bisa membuat mainan dari benda-benda disekeliling rumah. Misalnya, dari kardus bekas yang bisa digunakan untuk membuat kostum robot-robotan atau disusun menjadi kereta api. Pasti lebih seru jika Ayah dan Bunda ataupun pengasuh ikut serta bermain. Contoh lainnya adalah membuat mobil-mobilan dari kulit jeruk. Permainan traditional ini bagus lho untuk melatih kreatifitas anak dan juga mengajarkan kesederhanaan untuk anak.


4. Bermain Warna

Permainan warna ini sangat banyak macamnya. Bunda dan Ayah bisa melatih anak mengenalkan macam-macam warna dengan macam-macam bentuk yang diberikan warna, kemudian ajak anak untuk mengklasifikasikan atau memisahkan warna-warna sejenis.


5. Bermain Bentuk

Ajak anak bermain bentuk yu Bun! Permainan ini bisa melatih anak agar bisa menyebutkan nama-nama bentuk seperti lingkaran, persegi panjang, segi empat, segi tiga, dsb. Bisa juga dengan mengenalkan bentuk bintang, awan, angka, huruf alfabeth, huruf hijaiyah dan juga yang lainnya. Bunda atau Ayah bisa bermain bentuk ini dengan cara menggambar lalu dipotong sesuai bentuk atau bisa didapatkan juga di toko mainan anak.


6. Bermain Peran

Nah…ini sih biasanya anak perempuan suka sekali dengan permainan ini. Permainan ini bisa melatih daya imajinasi anak serta melatih verbal anak. Permainan ini bisa dilakukan misalnya dengan mengajak anak berubah peran, menjadi dokter dan pasien, menjadi pembeli dan penjual atau jadi apapun yang anak sukai.


7. Bermain Tebak Lagu

Permainan tebak lagu juga sangat bermanfaat buat anak. Selain melatih konsentrasi anak, bisa juga melatih daya ingat dan verbal anak serta melatih keberanian. Intruksikan anak menebak lagu dengan nada, atau menyuruh anak menyanyikan lagu yang sudah disebutkan judulnya.


8. Bermain Huruf

Permainan huruf ini bisa mengenalkan macam-macam huruf kepada anak agar merangsang daya ingat agar kelak familiar ketika belajar membaca.


9. Bermain Angka

Permaina angka ini bisa mengenalkan angka kepada anak untuk merangsang daya ingat terhadap angka agar kelak dia tertarik ketika belajar berhitung.


10. Bermain boneka

Bermain dengan boneka bentuk hewan atau apapun bisa melatih kreatifitas dan melatih verbal dan daya imajinasi anak serta melatih rasa percaya diri saat anak di intruksikan untuk memainkan boneka tersebut.


11. Outbond

Outbond sangat bagus untuk meningkatkan rasa percaya diri anak, rasa berani, rasa peduli dengan lingkungan, memicu adrenalin anak, serta melatik motoric kasar anak. pilihlah track outbond yang sesuai untuk anak.


12. Berkebun dan bermain di sawah

Selain outbond, mengajak anak berkebun dan bermain di sawah juga akan berkesan untuk anak. Dimana anak dibiarkan bermain dengan alam, mananam tanaman dan bereksplorasi dengan lumpur. Biarkan mereka menikmati alam. Jangan takut kotor, mereka akan belajar lebih mencintai alam dan merawat alam.


TK Telkom selalu mengadakan kegiatan-kegiatan edukatif yang positif untuk perkembangan anak di masa Golden Age. Good School for Children.

Yuk Percayakan Putra-putri Tercinta di salah satu sekolah TK Telkom Yang Tersebar di Seluruh Indonesia http://telkomschools.sch.id/web/


 
 

© 2017, Yayasan Pendidikan Telkom, karya dan hak cipta dilindungi undang-undang.