ITTelkom Purwokerto Gelar Kongres FORTEI se-Jawa Tengah dan Yogyakarta

Diunggah pada 14 September 2018, pukul 16:24

 

Sebanyak 71 peserta dari berbagai perguruan tinggi se-Jawa Tengah  dan Yogyakarta mengikuti Kongres Forum Pendidikan Tinggi Teknik Elektro Indonesia (FORTEI) 2018  di Gedung IoT (Internet of Things) 101-103 Kampus Instiut Teknologi Telkom  (ITTelkom) Purwokerto, beberapa waktu lalu.

Dalam kongres FORTEI 2018 ini membahas mengenai media dalam pembelajaran yang diperuntukan bagi mahasiswa dan mahasiswi selama mereka mengikuti perkuliahan/pembelajaran.

Rektor ITTelkom Purwokerto Dr. Ali Rokhman M.Si., membuka acara sekaligus mengucapkan selamat datang pada para peserta di kampus yang dipimpinnya, yang sekaligus menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kongres FORTEI 2018. Dalam pembukaan acara tersebut Rektor mengatakan bahwa kongres FORTEI ini adalah kegiatan yang sangat positif, terutama untuk para dosen di jurusan Teknik Elektro.

Dengan saling berbagi pengalaman dengan teman – teman berbeda instansi akan memudahkan kita untuk bertukar pikiran, utamanya dalam pemecahan masalah dalam menghadapi mahasiswa dan mahasiswi selam berlangsungnya perkuliahan/pembelajaran.

“Kami selalu  terbuka, terlebih bagi siapa saja yang memiliki komitmen pada pengembangan serta peningkatan mutu sistem pembelajaran yang akan ditetapkan dalam proses perkuliahan, katanya.

Rektor berharap dengan adanya kongres FORTEI 2018, akan terjalin hubungan yang baik antar peserta sehingga ketika selesai kongres ini dapat pulang membawa hasil positif yang dapat diimplementasikan di instansi masing-masing.

Kongres FORTEI 2018 juga turut mengundang Dr. Phil. Mashoedah, S.Pd M.T dosen dan praktisi teknik elektro dari UNY sebagai pemateri.

Materi yang diberikan membahas mengenai media yang dipakai dalam pembelajaran. Dr. Phil menjelaskan, untuk membangunkan minat mahasiswa – mahasiswi di era millennial sekarang ini satu – satunya cara adalah dengan mengajak mereka untuk aktif dalam perkuliahan.

“Kita harus pintar dalam memperhatikan gaya belajar dari mahasiswa dan mahasiswi. Contohnya adalah mahasiswa sekarang ini sangat senang memotret materi yang ditampilkan oleh dosen. Ini menjadi catatan penting bagi kita sebagai fasilitator untuk mengarahkan mereka agar lebih kreatif kembali dalam mencatat materi, misal dengan bertanya langsung dan mencatat point – point pentingnya, kemudian di review kembali dalam tulisan secara digital, jelasnya.

Di akhir acara kongres FORTEI 2018 dilakukan serah terima jabatan dari ketua FORTEI Regional Jawa Tengah dan Yogyakarta sebelumnya Dr. Ir. Dian Retno Sawitri M.T ke ketua FORTEI Regional Jawa Tengah dan Yogyakarta baru periode 2018-2020 Dr. Fatchul Arifin S.T., M.T. (Purel/ITTelkom Purwokerto)

 
 

© 2018, Yayasan Pendidikan Telkom, karya dan hak cipta dilindungi undang-undang.