Guru SMK Telkom Makassar Juara 3 INOBEL

Diunggah pada 16 November 2018, pukul 10:35

Guru SMK Telkom Makassar, Farid Mawardi berhasil menorehkan prestasi pada ajang Lomba Inovasi Pembelajaran (INOBEL) level Madya dan Utama tingkat nasional tahun 2018. Dalam lomba yang diperuntukkan bagi Guru Pendidikan Menengah program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia ini, Farid berhasil meriah juara ke-3 pada level Madya.

Prestasi ini diraih berkat kreasinya mengembangkan Media Carrier Class berbasis Augmented Reality (CC-AR) di SMK Telkom Makassar. Farid menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang bertujuan mengembangkan media CC-AR agar siswa mampu berkolaborasi, mampu berkomunikasi, berpikir kritis, kreatif, inovatif dalam memecahkan permasalahan khususnya menambah wawasan karier kepada siswa.

“Pengembangan QR Qode yang didesain dengan menarik dalam Augmented Reality  menampilkan video profil karier beberapa orang yang telah sukses dalam kariernya. Selanjutnya QR Qode yang dikembangkan di buat dalam bentuk majalah digital yang berisi inspirasi karir bagi siswa,”jelasnya.

Lomba INOBEL Madya dan Utama diikuti oleh 66 orang guru terbaik SMA, SMK, dan Pendidikan Khusus dari seluruh Indonesia. Sebanyak 42 guru menjadi peserta INOBEL Madya dan 24 peserta di INOBEL Utama. Farid menjadi salah satu dari 5 guru yang terpilih untuk mengikuti INOBEL yang berasa dari Sulawesi Selatan.

Tentunya tidak mudah untuk dapat meraih prestasi yang membanggakan tersebut, Farid dan peserta lainnya harus mengikuti kegiatan Lomba INOBEL Madya dan Utama yang  berlangsung selama empat hari di jakarta.

“Sebelum melakukan presentasi dilakukan tes tertulis mengenai metode pembelajaran, media pembelajaran, RPP, sampai evaluasi dalam pembelajaran. Selanjutnya setiap peserta mempresentasikan karya inovasinya di depan dewan juri yang merupakan guru besar dari beberapa universitas di Indonesia,” pungkas Farid (FM/SMK Telkom Makassar)



 
 

© 2018, Yayasan Pendidikan Telkom, karya dan hak cipta dilindungi undang-undang.