Dosen ITTelkom Purwokerto Ikuti Lokakarya Penelitian dan Abdimas

Diunggah pada 22 November 2018, pukul 17:30

Untuk  meningkatkan kompetensi  dalam  penelitian dan pengabdian  masyarakat (abdimas), seluruh  Dosen  ITTelkom Purwokerto mengikuti  lokakarya  penelitian  dan  abdimas pada Jum’at (16/11), bertempat  di Gedung IoT 101-103 kampus ITTelkom Purwokerto.


Dalam acara yang diselenggarakan  oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ITTelkom Purwokerto ini menghadirkan  narasumber    dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Prof. Dr. Ocky Karna Radjasa, M.Sc.

Rektor Institut Teknologi Telkom Purwokerto Dr. Ali Rokhman M.Si dalam sambutannya mengatakan salah publikasi ilmiah menjadi salah satu aspek atau indikator keberhasilan sebuah perguruan tinggi.

“Saya harapkan para Dosen setelah mengikuti kegiatan ini akan semakin produktif untuk membuat publikasi ilmiah, baik yang terindeks nasional bahkan jurnal internasional. Selain  dapat  meningkatkan  kualitas  dari  kemampuan Dosen dalam menulis jurnal ilmiah, juga bisa mendorong dan  meningkatkan  keberadaan  sebuah perguruan tinggi,”jelasnya.

Sementara itu, Prof. Dr. Ocky Karna Radjasa, M.Sc., Ph.D  menjelaskan, permasalahan yang dihadapi  oleh  para  periset  khususnya  yang dialami oleh para Dosen di Indonesia  terletak  di wadah penyaluran karya ilmiahnya.

“Sebenarnya  Inovasi  dari  para periset  sangatlah  tinggi, sayangnya wadah untuk melakukan publikasi ilmiah di Indonesia  masih sangat minim, sehingga  kita  dalam  persaingan publikasi ilmiah masih terus berbenah, harapannya  kita  menjadi  yang terbaik di kawasan Asia  Tenggara,”ucapnya.

Prof Ocky mengaku sangat berkesan pada kunjungan perdananya ke ITTelkom Purwokerto, terlebih menyaksikan antusiasme yang sangat tinggi dari para dosen saat mengikuti kegiatan lokakarya tersebut. 

 “Saya harap semua  bisa termotivasi dari apa yang saya sampaikan, sangat siap sekali jika diminta kembali untuk berkolaborasi terkait riset dan program pengabdian masyarakat, misalnya penelitian di daerah 3T (terluar, Teringgal, dan Terdepan).  ini menjadi salah satu riset yang potensial, sehingga alokasi dari penelitian untuk hibah cukup besar dari penelitian pada umumnya, harapannya  rekan dosen ITTP bisa ikut berpartisipasi  dengan membuat roadmap penelitian yang inovatif dan kreatif, saya yakin kalian pasti bisa, apalagi rekan Dosen di ITTP masih muda – muda ya,” pungkasnya.(ITTelkom Purwokerto)

 
 

© 2018, Yayasan Pendidikan Telkom, karya dan hak cipta dilindungi undang-undang.