Bekerja adalah Ibadah

Diunggah pada 20 Maret 2018, pukul 17:20


Yayasan Pendidikan Telkom menggelar Program Kipas Budaya yaitu Jiwa Sehat Rohani Mantap (Jihat Iman) pada Senin (19/03) di Ruang Educafe Kantor Badan Pelaksana Harian Yayasan Jalan Cisanggarung No.2 Bandung.

Pada Jihat Iman kali ini mengagendakan Tausyiah bersama KH. Asep Totoh Ghozali dengan mengangkat tema bekerja adalah ibadah. Tema ini sangat menarik karena sangat lekat dengan aktifitas para pegawai yaitu bekerja.

Lalu nilai-nilai apa sajakah yang menyebabkan pekerjaan yang dilakukan itu bernilai ibadah. KH, Asep Totoh Ghozali menyebutkan jika sebuah pekerjaan dilakukan dengan hati , hanya mengharapkan ridho Allah SWT dan pekerjaan yang dilakoni merupakan pekerjaan yang halal.

“Impelentasinya adalah menjalankan pekerjaan dengan jujur, disiplin, penuh tanggung jawab, itu diantaranya. Pekerjaan dilakukan bukan atas dasar penilaian manusia, tapi melakukan yang terbaik karena sadar bahwa apa yang dilakukannya diperhatikan oleh Allah SWT,”ucapnya.

KH Asep Totoh Ghozali menganalogikan kisah Siti Hajar yang mencari air untuk putranya Ismail. Dengan hati yang bersih Siti Hajar mulai mencari air, dia melakukannya dengan sungguh-sungguh hingga akhirnya menemukan air zam-zam yang hingga saat ini tidak pernah surut.  Begitulah prinsip kita dalam bekerja, maka dengan bekerja sungguh-sungguh yang dimulai dengan hati yang bersih, tidak saja mendapatkan yang diharapkan tapi lebih dari itu nilai ibadahnyapun akan didapatkan.

“Bekerjalah untuk dunia seakan hidup selamanya, bekerjalah dengan sungguh-sungguh. Bekerjalah untuk akhirat seolah-olah akan mati besok. Bekerja ada keseimbangan, jangan sampai pekerjaan meninggalkan ibadah pokok kita,”tuturnya.

Kegiatan Kipas Budaya "Jihat Iman" ini direspon positif seluruh pegawai yang hadir terbukti dengan jumlah pegawai yang mengikuti hampir seluruhnya.  Serta permintaan dari pegawai agar kegiatan "Jihat Iman" dilaksanakan lebih sering.  Semoga kegiatan ini berdampak pada integritas,  antusias dan totalitas pegawai YPT dalam bekerja.(Purel/YPT)

 
 

© 2018, Yayasan Pendidikan Telkom, karya dan hak cipta dilindungi undang-undang.